Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Acara

Entrepreneur Day 2017

Januari, 2017

Entrepreneur  Day 2017

 

Eksibisi Entrepreneur Day 2017 yang digelar Entrepreneurship Development Center Universitas Prasetiya Mulya memang patut diapresiasi. Acara yang dihelat pada 14 hingga 15 Januari ini secara nyata berhasil menjadi wadah yang tepat bagi mahasiswa S1 Bisnis dalam memamerkan konsep hingga menawarkan langsung produk bisnis mereka kepada khalayak ramai.

Seperti tak pernah surut  ide, mahasiswa S1 Bisnis Prasmul seringkali  melahirkan inovasi segar yang pada akhirnya menjadi tren bisnis. Sesuatu yang tak pernah dibayangkan sebelumnya, mampu  mereka olah menjadi  bisnis menjanjikan dengan daya jual yang tinggi. Setiap tahunnya, Entrepreneur Day dikemas  dalam  2 pameran utama yaitu purwarupa konsep bisnis berbasis teknologi karya mahasiswa semester 1 dan bazaar bisnis besutan mahasiswa Semester 3.

Kontribusi Dalam Perwujudan Goal PBB

Sebagai bentuk keterlibatan Prasetiya Mulya dalam mendukung Sustainable Development Goals yang dicanangkan PBB, maka dipilih 5 dari 17 goal SDG yaitu good health, clean water & sanitation, sustainable cities & communities, quality education dan affordable & clean energy  untuk menjadi konsep bisnis bagi mahasiswa semester 1.

Untuk kategori kesehatan, hadir beberapa konsep bisnis menarik yang digadang-gadang mampu mendukung kemajuan industri kesehatan dan menjawab kebutuhan masyarakat terhadap akses kesehatan yang lebih mudah. Seperti Medicare misalnya, konsep bisnis ini timbul karena sulitnya akses obat di tempat yang jauh dari jangkauan apotik, warung atau minimarket. Kehadiran Medicare sebagai vending machine obat di lokasi strategis layaknya tempat rekreasi atau daerah yang sulit terjangkau apotik, akan lebih membantu kehidupan masyarakat terutama disaat terdesak.

Dari segi air bersih dan sanitasi, lahirlah Sprible sebagai solusi sanitasi bagi pecinta alam atau orang yang sulit mengakses air bersih. Sprible adalah sprayer toilet berfungsi layaknya shower bidet untuk membasuh kotoran sehabis buang air. Uniknya, Sprible didesain dengan bentuk pipih nan praktis, dilengkapi fitur penyaring air dan sanitizer. Meski hanya dapat menampung 200 ml air, Sprible dapat digunakan hingga 2 kali kegiatan buang air. Solusi cerdas untuk diet pemakaian tisu dan air yang berlebih!

Dari segi sustainable cities & communities, masing – masing grup berlomba untuk membuat terobosan yang dapat berdampak baik bagi kota, seperti halnya Reborn. William dkk membuat Reborn sebagai solusi penguraian sampah organik menjadi produk bermanfaat. Selain dapat mengurangi jumlah sampah, Reborn yang dilengkapi dengan mesin pencacah dan cairan bakteri pengurai EM 4 dapat mengubah limbah organik menjadi pupuk. “Perubahan sampah menjadi pupuk akan memakan waktu 2 hari. Kami berharap produk ini dapat menjadi sarana edukasi dan bermanfaat bagi kota” Pungkas William.

Adapun dari banyaknya bisnis kategori good education, hadir Doekasi yaitu sarana donor berbasis teknologi yang ditujukkan untuk industri pendidikan. Doekasi adalah platform yang dikembangkan untuk mempertemukan resipien donor dan pemberi donor, dimana aplikasi ini dikhususkan untuk lembaga layaknya panti asuhan yang membutuhkan bantuan pendidikan berupa dana atau barang. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, Doekasi mampu mengecek validitas profil resipien, sehingga tidak ada ruang utnuk praktek penipuan.

Kategori yang tak kalah menarik yaitu affordable & clean energy. Dengan menekankan pada pengembangan produk energi yang terjangkau secara harga, tidak sedikit terobosan ciamik yang digagas mahasiswa S1 untuk kategori ini. Pun demikian yang dilakukan oleh Banary (Banana Battery). Dengan cara kerja yang tidak sulit, semudah menumbuh kulit pisang dan mencampurkannya dengan garam, konsumen dapat memilik sumber energi alternatif yang dapat digunakan selagi membutuhkan. Kandungan magnesium, karbon, zinc dapat berpotensi sebagai Mn02 yang dapat mengalihkan ion positif ke negatif, sehingga baterai tersebut memiliki daya energi.

 

Yang Muda Yang Berinovasi

Dinilai lebih siap dari segi mental dan perkembangan  bisnisnya, mahasiswa semester 3 diberikan akses untuk mengenalkan dan menjual  produknya secara langsung kepada pengujung. Adapun bisnis dalam bazaar tersebut dibagi dalam kategori food & beverage, fashion, creative dan beauty product.

Sakeuy atau Seblak Euy adalah satu dari puluhan tenant bazaar di Entrepreneur Day 2017 yang cukup dipadati pengunjung. Mulai dari ibu – ibu hingga anak muda rela mengantre demi menikmati lezatnya seblak inovasi karya Felix dan tim. Ia bertutur “ Kami rasa Sakeuy bisa dikatakan pionir untuk seblak dengan citra rasa modern, karena kami menghadirkan 2 varian seblak yaitu seblak putih dan seblak hitam arang bambu. Toppingnya pun seru, mulai dari rasa bolognaise hingga salted eggs.” Dibandrol dengan harga Rp. 15000 / porsi, Sakeuy berhasil membawa penikmat kuliner tradisional menjajal seblak dengan cita rasa internasional. Bravo Sakeuy!

Yang unik – unik lainnya juga ada di kategori fashion loh. Karafuru namanya, sepatu terobosan baru ini memanfaatkan tumbuhan indigofera tinctoria yang mampu mengeluarkan warna biru sebagai pewarna alami. Menurut Nadila selaku penggagas Karafuru “Biasanya teknik pewarnaan indigo hanya digunakan untuk apparel, akhirnya kita memutuskan untuk memanfaatkannya pada produk sepatu. Selain pakai metode indigo dyed, Karafuru juga mengadaptasi sashiko hand-stiching dari Jepang sebagai identitas sepatu kami”. Untuk pecinta brand lokal, sepasang sepatu Karafuru ini bisa kalian dapetin dengan kisaran harga Rp. 599.000.

Untuk cewe – cewe pemburu produk kecantikan, ada Cherish & Joy yang bisa bikin kulit wajahmu tetap segar, ternutrisi dan sehat alami. Cherish & Joy adalah peel off mask yang terdiri dari varian Moon Flower untuk kulit berminyak, Blossom Queen untuk kulit sensitif dan Summer Rose untuk kulit kering. 1 jar masker Cherish & Joy dilengkapi dengan essential oil yang mampu menenangkan kulit dan membawa kalian serasa di lagi spa!. Dengan konsep bisnis menarik seperti ini, ga heran kalau Cherish & Joy bisa sold out di bazaar ED 2017.

Dari kategori produk kreatif ada Novus yang digawangi oleh Andreas dan Gema yang beranggotakan Arfi Dkk. Novus adalah furnitur unik yang memanfaatkan limbah otomotif sebagai materialnya. Andreas berujar bahwa “ Bisnis ini berangkat dari ide salah satu founder kami yang notabene sebagai vendor customized furniture, maka kami bisa bikin Novus sebagai furnitur yang berkualitas”. Onderdil vespa atau Honda jadul mampu disulapnya menjadi lampu, kursi, meja, hingga wastafel. Cocok banget kan untuk orang – orang yang suka barang eksentrik nan unik.

Sama kerennya dengan Novus, hadirlah Gema sebagai amplifier yang terbuat dari 100% bambu Indonesia. Yang menarik dari produk ini, Gema dapat berfungsi sebagai pengeras suara meski tanpa dilengkapi perangkat listrik. Dengan inovasi tersebut, kalian bisa dengan bebasnya menikmati musik dimana saja dan kapan saja.

Untuk pecinta sneakers wajib punya Sneak Shot supaya sepatumu tetap dalam kondisi prima. Sneak Shot adalah tisu bahas dengan kandungan virgin coconut oil (VCO) yang mampu mengangkat noda membandel mulai dari air hingga debu yang menempel pada permukaan hingga sol sepatu dalam sekali usap.

Itulah beberapa produk yang berhasil diteropong ceritaprasmul.com dalam Entrepreneur Day 2017. Jika kamu ingin tahu produk lainnya yang ada di ED, yuk meluncur ke www.instagram.com/entrepreneurdayid . Well, sampai berjumpa di Entrepreneur Day 2018!.

Comments

Captcha