Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Acara

[Liputan] Generating Event Ideas - Workshop at Palembang

Pebruari, 2017

Prasmul ajak Siswa Kota Palembang Menyelami Dunia Event dan Pariwisata Indonesia

Sebagai ibu kota Sumatera Selatan, Palembang dikenal sebagai kota dengan ragam festival. Bukan hanya pempek saja yang identik dengan kota yang satu ini, Palembang  juga menyandang predikat sebagai pusat wisata air, dengan julukan Venice of the East”. Selain itu, kota ini juga menghelat acara akbar tahunan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang dikenal dengan Festival Sriwijaya. Diselenggarakan di Benteng Kuto Besak – Palembang, festival Sriwijaya menghadirkan beragam budaya dan kuliner asli Sumatera Selatan.

https://i.ytimg.com/vi/Z0AMrgE-4Ok/maxresdefault.jpg

 

Festival Sriwijaya Palembang

Masih di tahun 2016, Pemprov Sumatera Selatan menggandeng asosiasi perhotelan dan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies untuk membantu mempublikasikan potensi Palembang sebagai kota destinasi wisata yang menjanjikan, sebagai upaya penguatan industri hospitality dan perhotelan disana.  Melalui upaya tersebut, Palembang ditunjuk sebagai tuan rumah ASEAN Games 2018. Penyelenggaraan salah satu event terbesar di Asia Tenggara ini tentunya akan berpotensi dalam menggaungkan Palembang lebih luas kepada masyarakat baik di dalam maupun luar Indonesia.

Melihat potensi wisata yang terus berkembang di kota ini, Universitas Prasetiya Mulya melalui Program Studi S1 Tourism Business berinisiasi untuk mengadakan Workshop “Generating Event Ideas” dan  Seminar “Jadi Hero Pariwisata pada hari Sabtu, 4 Februari 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yaitu  Ignatius Global School (IGS) dan SMA Plus Negeri 17.

Workhop, Seminar dan Quiz

Workshop “Generating Event Ideas” yang diadakan di IGS ini dihadiri oleh perwakilan pengurus OSIS SMA di kota Palembang. Beberapa sekolah yang ikut berpartisipasi diantaranya adalah OSIS SMA IGS, SMAN Sumatera Selatan, SMAN 18, SMAN 15, SMAN 14, SMAN 5, SMK Xaverius dan HS Primagama. Kegiatan dimulai dengan seminar yang dibawakan oleh Bapak Yudho Hartono (Kepala Program Studi S1 Tourism Business) dan di dampingi oleh Bapak Irman Jayawardhana (Faculty Member di jurusan S1 Event).

 

Peserta ditantang untuk mengembangkan ide yang berkaitan dengan event dan pariwisata

Workshop dilanjutkan dengan Seminar “ Jadi Hero Pariwisata” yang dikemas dalam bentuk Quiz. Setelah sesi seminar selesai, Ibu Peni Zulandari (Manager Program S1 Event) membawakan worskhop tentang bagaimana siswa/i belajar untuk mengemas event sebagai aplikasi dari teori yang sudah dijelaskan sebelumnya.  Workshop ini direspon dengan baik oleh peserta dengan memberikan hasil berupa ide event yang sangat beragam. Dengan waktu yang terbatas, mereka mampu merencanakan sebuah event beserta dengan komponen – komponen pendukungnya.

 

Sesi workshop dan seminar

Lokasi kedua yaitu SMA Plus Negeri 17. Seminar “Jadi Hero Pariwisata” disuguhkan kepada 300 orang siswa kelas XI SMA Plus Negeri 17. Seminar yang belangsung selama 1 jam 30 menit ini dibawakan kembali oleh Bapak Yudho Hartono dan dampingi oleh Bapak Irman Jayawardhana. Di akhir kegiatan, kelompok yang memberikan konsep event terbaik dan peserta dengan interaksi terbaik diberikan apresiasi oleh panitia.

Melalui workshop dan seminar yang diadakan oleh S1 Tourism Busniness, diharapkan dapat memberikan bekal sekaligus pemicu kreativitas dalam diri anak muda Palembang. Kedepannya, program studi S1 Tourism Business berencana untuk merambah kota – kota potensial lainnya di seluruh Indonesia,termasuk juga kota kalian!. Berminat mengadakan acara seru di kota atau sekolahmu? Ingin menambah teman dan wawasan seputar dunia event dan pariwisata? Kalian dapat menhubungi kami di info.prasetiyamulya@ac.id

Comments

Captcha