Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Acara

Indonesia Investment Banking Competition 2015

Mei, 2015

 

 

Setelah terbilang sukses pada penyelenggaraan perdananya, ajang Indonesia Investment Banking Compettition 2015 kembali digelar untuk kedua kalinya oleh Finance and Investment Society (FIS) Prasetiya Mulya pada tanggal 20-22 Mei 2015 di kampus Prasetiya Mulya BSD.

Didukung penuh oleh program S1 Finance Prasetiya Mulya, sponsor, dan media partner, kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan selama tiga hari ini diikuti oleh 20 tim finalis hasil seleksi yang berasal delapan perguruan tinggi di Indonesia. Konsisten dengan tema Merger & Acquisition, IIBC 2015 melibatkan  lebih banyak praktisi top dan akademisi dari dalam dan luar negeri.

Bukan hanya sekedar kompetisi, Indonesia Investment Banking Competition 2015 menghadirkan juga rangkaian kegiatan investment gallery, conferences, dan gala dinner bersama para pengusaha dan investor.

Apa saja pengalaman menarik yang didapatkan oleh finalis IIBC 2015. 

Berikut ceritanya :  

DAY 1, Rabu, 20 Mei, 2015

Ajang Indonesia Investment Banking Competition 2015 secara resmi dibuka lewat sambutan dari IIBC Project Manager, Irene Natalie, dan Ketua Prasetiya Mulya School of Business and Economics, Prof. Djoko Wintoro.

Setelah pidato, acara dilanjutkan dengan pengenalan dari 20 tim yang lolos putaran pertama. Diakui oleh para peserta, kegiatan pertemuan ini terasa sangat menyenangkan setelah melalui  satu bulan yang sulit untuk menganalisis kasus awal.

 

Para peserta kemudian menghadiri “Investment Banking Talk” oleh Eko Yuliantoro sebagai Presiden Komisaris Bahana Securities dan Oki Ramadhana dari Morgan Stanley. Antusiasme peserta sangat tinggi untuk menyaksikan  para pembicara hebat berbagi pengetahuannya.

Selepas mendapakan asupan ilmu, para finalis akhirnya memasuki masa yang ditunggu-tunggu : Saatnya Final Presentation!  Sebanyak 20 tim teratas dipecah ke dalam  5 ruangan dan masing-masing dari mereka ditantang untuk menyajikan kasus mereka di depan juri.

Adapun berikut daftar juri IIBC 2015:

  • Ibu Aulia Nurul Huda, Pengajar dari S1 Prasetiya Mulya
  •  Pak Erik Sentosa, Investment Banking Advisory dari Bahana Securities
  •  Pak Fajar Ariwindu, Senior Associates dari Trimegah Securities
  • Mr John Iwan Kusno, Pengajar dari Prasetiya Mulya
  • Mr Kevin, Investment Banking Mandiri Sekuritas
  • Mr Robin Sutanto, Research Analyst Bahana Securities
  • Pak Tito Hadidewan, Investment Banking Mandiri Sekuritas
  • Pak Wendy Chandra, Research Analyst Bahana Securities
  • Pak Yudi Rizky Ardie Dahrun, Investment Banking Mandiri Sekuritas

Selanjutnya, peserta diajak mengikuti Seminar “Merger and Acquisition (M&A)  Valuation”  oleh  Mandiri Sekuritas. Menyusul sesi  CFA Talk yang dibawakan oleh Neil Govier, CFA sebagai seminar terakhir. Hari-hari penuh  seminar akhirnya berakhir dengan sesi Case II Distribution di hotel. Para peserta harus menyelesaikan kasus yang diberikan dalam satu malam!

DAY 2, Kamis, 21 Mei, 2015

Malam pertama penuh analisis yang sangat melelahkan pun harus dilewati peserta. Namun, IIBC ingin menekankan kepada peserta bahwa ini adalah contoh konkrit kehidupan sehari-hari yang dijalani seorang investment banker. Untungnya, panitia tidak melihat adanya  penurunan antusiasme mereka untuk mengikuti hari kedua IIBC 2015.

Hari kedua dibuka dengan sesi Economic Overview oleh Bapak Budi Hikmat, Ekonom dan Director for Investor Relation Bahana TCW Investment. Para peserta belajar banyak tentang kondisi ekonomi Indonesia saat ini untuk diterapkan dalam analisis Merger  & Acquisition.

Setelah makan siang, acara dilanjutkan dengan sesi “networking with peers” . Acara ini diadakan untuk membangun hubungan antar peserta dari semua tim. Tim dicampur dan dibagi menjadi 10 tim baru

.

Bersama dengan tim baru mereka, mereka harus berpartisipasi dalam sesi kuis yang menyenangkan. Pada sesi ini, Grup 8 berhasil memenangkan kuis “Networking dengan Peers” dan memenangkan MAP Voucher senilai 1 juta rupiah.

Para peserta lalu mengikuti kegiatan terakhir sebelum kembali menuju ke hotel. Para peserta ditantang untuk mengikuti  Bloomberg Aptitude Test (BAT). BAT adalah tes online gratis berisi 100 pertanyaan yang dibagi menjadi 8 bagian: Matematika, Ekonomi, Analytical Reasoning, Analisis Berita, Global Markets, Analisis Laporan Keuangan, Investment Banking dan Analisis Bagan & Grafik. Ada banyak manfaat dari mengambil tes BAT dan peserta bisa mengikuti tes ini secara gratis!

Setelah mengambil tes, peserta kembali ke hotel untuk mempersiapkan hari besar esok hari.

HARI 3, Jumat 22 Mei, 2015

IIBC memasuki hari terakhir di mana panitia akan mengumumkan para pemenang . Tim peserta dengan harap-harap cemas menunggu pengumuman 6 tim teratas. Hingga panitia pun menyebut nama tim  Dedepeh dari Universitas Kristen Petra,  CEO21 dari President University, Pendopo dari S1 Prasetiya Mulya, The Turm dari Universitas Indonesia, Evil Geniuses dari S1 Prasetiya Mulya, dan Antartic dari Universitas Indonesia.

Usai pengumuman, kegiatan berlanjut dengan sesi final presentation dari 6 tim teratas . Semua tim pun bersaing dengan usaha terbaiknya. Para juri : Ruben Kurniawan, Teguh Wirahadikusumah, Wendy Chandra, dan Fransisca Tharia – mengaku agak kesulitan menentukan pemenang kami karena semua tim dianggap mampu menonjolkan kelebihannya masing-masing.

Seluk-beluk  praktek Investment Banking setelah makan siang. Praktisi berbicara antara lain : Teguh Wirahadikusumah (IB Mansek), Wendy Chandra (Research Analyst Bahana sekuritas), Wahyu Zaeni (Head of HRD Bank Sinarmas), Meisty Andini (Kepala Pengembangan Masyarakat Bank Sinarmas), Ricky Ichsan, CFA (CFA Institute Indonesia), dan Arie Ardianto, MBA (Pengajar perbankan dari S1 Prasetiya Mulya).

Semua peserta benar-benar menikmati sesi ini karena benar-benar membuka mata mereka tentang dunia nyata yang akan dihadapi mereka di masa depan.

Belum cukup. Panitia juga menghadirkan pembicara top pada sesi  ”Konferensi dan Gala Dinner”  sebagai penutupan IIBC 2015 yang dimulai pada 17:00.  Konferensi sendiri  membahas tiga topik utama di bidang M&A, antara lain : Due Diligence, Finding The Right Deals dan isu-isu  terbaru seputar M & A. Pembicara yang tampil di antaranya : Iman Rachman, Managing Director Mandiri Sekuritas; Edy Wirawan, Partner-Merger Acquistions Transaction Services dari Deloitte Indonesia; dan Wiljadi Tan, Partner-Transaction Support and Corporate Finance dari RSM AAJ Associates. Setelah mendapatkan banyak wawasan baru dari pembicara, peserta diajak untuk mengikuti Gala Dinner.

Semua peserta menyantap makan malam sebelum mendengarkan pengumuman pemenang IIBC 2015. Dan Akhirnya! MC berdiri di atas panggung dan menjadi saat yang paling dinantikan tim finalis.

Dewan Juri IIBC 2015 memilih tim Pendopo dari S1 Prasetiya Mulya,  disusul Evil Geniuses dari S1 Prasetiya Mulya sebagai runner-up; dan tentunya  Tim Antartic dari Universitas Indonesia sebagai juara 1 dari IIBC 

Selamat kepada para pemenang IIBC 2015.

Comments

Captcha