Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Acara

[Liputan] EURECA 2017

Pebruari, 2017

Entrepreneur Creative Challenge atau EURECA 2017 telah resmi dibuka pada hari Selasa, 28 Februari 2017, bertempat di Auditorium S1 Universitas Prasetiya Mulya.  Pada pelaksanaan tahun yang ke-6, EURECA 2017 mengangkat tema INCEPTION – Incrementing Entrepreneurship through Innovation dengan 3 rangkaian utama kompetisi yaitu, Business Plan Competition (BPC), Marketing Plan Competition (MPC), dan Management Debate Competition (MDC). Acara yang berada dibawah naungan Student Board Prasmul dibuka dengan penampilan tarian tradisional dari SASIKIRANA dan dilanjutkan dengan sambutan dari Farel S.V. Sinaga S. Psi., M.A., selaku Manajer Bidang Kemahasiswaan Universitas Prasetiya Mulya, Evita Tandiyah selaku Ketua EURECA 2017 dan Edward Salim selaku wakil ketua Student Board S1 Universitas Prasetiya Mulya.

Student Activity Club SASIKIRANA membawakan tarian tradisional simbol sambutan hangat bagi para kontestan

Sama seperti tahun sebelumnya, EURECA 2017 konsisten mewadahi talenta siswa – siswi SMA dan mahasiswa Jabodetabek untuk unjuk kebolehannya dalam ranah bisnis, marketing dan manajemen. Diadakan selama 4 hari berturut – turut,   seluruh kontestan yang mengikuti ajang ini bukan hanya datang untuk merebut titel juara melainkan mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dengan para pelaku industri sebagai bekal untuk menjalani kompetisi. Dalam kompetisi ini hadir beberapa pembicara yang ahli di bidangnya, diantaranya Yohanes Peter Wijaya, S.kom selaku Country Head Business Development Manager PT Hawley and Hazel Indonesia, Rahmaniar selaku Head Of Sales GMF AeroAsia,  dan Syahnadiaz Sikar selaku Head of GO-MART by GO-JEK serta Amelia Calista selaku Head of Marketing GO-MART By GO-JEK.

Rahmaniar selaku Head of Sales memberikan insight menarik tentang kegiatan marketing di dunia aviasi

Setelah mendapatkan pematangan dari industri, para peserta siap untuk memulai kompetisi. Ketiga kompetisi yang ada dalam EURECA 2017 ini punya tahapannya masing – masing. Tahapan dalam BPC terdiri dari presentasi business plan dengan konsep rocket pitch dan business plan final presentation di depan jajaran juri yang andal di bidangnya, diantaranya Adi Putera Widjaja selaku Program Director Garudapreneur, Joni Sunggono,CFP,QWP,AEPP, selaku Business Director Founder Galaxy Young and Dynamicjajaran Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya dan beberapa ekspertis lainnya.

Babak penentuan: Salah satu grup yang lolos tahap 5 besar dalam Business Plan Competition (BPC) sedang menyampaikan final presentasi

 

Adapun untuk MPC diawali dengan lomba paper case dan diakhiri presentasi marketing plan dengan studi kasus nyata dari perusahaan aviasi GMF AeroAsia. Ide marketing para finalis diujikan di depan jajaran juri yang ahli dibidangnya seperti Mario Telepta selaku MakkiMakki brand Consultant juga Sandy Yulian dan Danang Aditya Pranoto selaku perwakilan GMF Aeroasia.

Peserta Marketing Plan Competition (MPC) mempresentasikan strategi marketing di depan GMF Aeroasia

Kompetisi MDC dimulai dengan preliminary round yang terdiri dari 3 sesi, diikuti babak semifinal dan final. Pada tiap babaknya, para peserta ditantang untuk mengasah logika dan cara berpikir kritis dalam menghadapi mosi yang beragam, yaitu seputar dunia pemerintahan, teknologi, ekonomi dan akademis.

Salah satu peserta Management Debate Competition (MDC) beraksi menyampaikan mosinya

Tak hanya berlomba untuk memperebutkan titel juara, peserta EURECA 2017 juga mendapat kesempatan untuk memperluas ilmu dalam kesempatan company visit ke salah satu perusahaan startup kenamaan, OLX. Dalam momen tersebut, para peserta mendapatkan seminar seputar dunia E-Commerce dari Doan Siscus selaku Chief of Operations and Data Science. Selain itu, peserta juga berkesempatan untuk melihat secara langsung aktivitas operasi dan mengamati suasana kerja perusahaan OLX. Seru ya!.

Doan Siscus selaku Chief of Operations and Data Science OLX memberikan seminar kepada peserta BPC

Rangkaian acara EURECA 2017 ditutup dengan Awarding Night dan Gala Dinner sebagai bentuk apresiasi bagi para peserta. Acara tersebut diselenggarakan di Auditorium lt 3 Gedung William Soerdjaya Universitas Prasetiya Mulya dan turut dimeriahkan dengan berbagai macam performance, seperti iringan lagu, band dan atraksi sulap. Puncak acara ditutup dengan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah kepada pemenang.

Perluas networking dan jalin keakraban di gala dinner

Berikut daftar nama pemenang dari kompetisi Business Plan Competition (BPC), Marketing Plan Competition (MPC), dan Management Debate Competition (MDC) untuk juara 1,2,3 dan best speaker EURECA 2017:

Pemenang dari BPC Kategori SMA:

  1. Nori Kangkung
  2. CV Milik Cado
  3. Janissary Team
  4. Best Speaker : Alvin Harjanto
Jajaran pemenang Business Plan Competition (BPC) kategori SMA

Pemenang dari BPC Kategori Universitas:

  1. Pertow
  2. Paul Scholten
  3. Splashing Summer
  4. Best Speaker : Muhammad Fakhri
Jajaran pemenang Business Plan Competition (BPC) kategori Universitas

Pemenang dari MPC:

  1. Astro
  2. Plasma
  3. Primavera
  4. Best Speaker : Michael Stefanus
Jajaran Pemenang Marketing Plan Competition (MPC)

Pemenang dari MDC:

  1. The Liberal Metropolitan Elites
  2. Kerdus Candu dan Halu
  3. Motion Launch
  4. Best Speaker : Ibrahim Panji Indra
Jajaran pemenang Management Debate Competition (MDC)

Selamat bagi para pemenang dan Sampai jumpa di EURECA 2018

Sumber:

Publikasi EURECA 2017
https://www.instagram.com/eurecaid/

Comments

Captcha