Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Berita

Bandung Tourism Competition: Memenangkan Kompetisi Melalui Kreatifitas dan Kerjasama Tim

November, 2011

24 September 2011 lalu, 2 tim dari Prasetiya Mulya Business School memenangkan Bandung Tourism Competition yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi  Universitas Padjadjaran. Pada kompetisi tersebut peserta harus membuat sebuah Marketing Plan untuk mempromosikan kebun binatang Bandung yang relatif sepi dari pengunjung. Kompetisi diikuti oleh 50 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dari 50 peserta tersebut kemudian disaring menjadi 10 besar berdasarkan paper yang dikirimkan kepada dewan juri.

Pada tahap 10 besar, kedua tim dari Prasetiya Mulya, yaitu Prasetiya Mulya 1 dan Vituro menempati urutan pertama dan kedua secara berurutan dengan nilai 91.21 dan 90.30. Peserta yang lolos 10 besar kemudian harus mempresentasikan ide mereka di depan dewan juri pada saat Grand Final. Kedua tim dari Prasetiya Mulya kembali dapat memukau dewan juri dengan ide mereka dan memperoleh juara pertama dan kedua pada kompetisi tersebut.

Tim Prasetiya Mulya 1 yang beranggotakan Budi Susilo (S1-2009), Jeffrey Jap (S1-2008) dan Benedikta Atika (S1-2009) mendapatkan juara pertama melalui konsep marketing mereka yang mengkolaborasikan kebun binatang dengan kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan sunda. Mereka mengangkat tokoh cerita masyarakat untuk digunakan sebagai  maskot kebun binatang, yaitu Uya jeung Uli yang artinya Uya (kura-kura) dan Uli (monyet Jawa yang termasuk spesies Surili). Uya mewakili karakter cerdas dan bijaksana dan Uli mewakili karakter lincah dan selalu ingin tahu. Tim ini juga membuat berbagai aktivasi untuk mempromosikan kebun binatang Bandung. Konsep pemasaran yang diajukan oleh tim ini sangat komprehensif dan detail sehingga tidak heran mereka dapat memenangkan kompetisi ini.

Tim kedua dari Prasetiya Mulya adalah Vituro. Tim ini beranggotakan Ranggaswara Prasetiya (S1-2008), Lidya Kosasih (S1-2009) dan Hendy Hendriatma (S1-2008). Vituro menciptakan sebuah karakter anak yang bernama Vino untuk menjadi icon utama bagi kebun binatang Bandung. Vino mewakili karakter seru, gembira dan pengetahuan. Vino diharapkan mampu menarik anak-anak yang menjadi target pasar utama dari Kebun Binatang Bandung untuk datang berkunjung ke kebun binatang ini. Tim ini juga merancang barbagai kegiatan yang menarik untuk anak-anak seperti lomba unjuk bakat dan mengadakan kongres anak dimana anak-anak yang mendaftar sebagai Sahabat Vino dapat berperan seperti parlemen.

Atika, salah seorang anggota tim Prasetiya Mulya 1 mengungkapkan bahwa awalnya dia tertarik untuk mengikuti kompetisi ini karena tema yang diberikan menarik dan menantang, yaitu mempromosikan kebun binatang. Tema ini berbeda dengan kompetisi marketing kebanyakan dimana mereka biasanya hanya mempromosikan consumer goods. “Setelah memenangkan lomba ini, saya merasa lebih percaya diri dan bangga sebagai anak Prasmul”, ujar Atika. Di lain pihak, Rangga dari tim Vituro merasa bahwa Prasetiya Mulya mendidik mereka untuk berpikir lebih kreatif dan menjadi berbeda. Mereka sangat percaya diri pada saat presentasi di Grand Final karena mereka merasa bahwa konsep kedua tim dari Prasetiya Mulya sangat unik dan memberikan penyajian yang berbeda di depan para juri.

Comments

Captcha