Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Berita

Dr. Kong, Juara Kedua Creation 2012

April, 2012

Sekelompok mahasiswa dari Prasetiya Mulya Business School yang memiliki semangat untuk menjadi creative entrepreneur kembali memenangkan kompetisi di bidang business plan. Adrianto Januri, Handoyo Widodo dan Yesaya Martinus (S1 Finance 2009) mengangkat business plan yang berjudul Dr. Kong – Dendeng Dari Kulit Singkong dalam kompetisi Creative Entrepreneurship Competition (Creation) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HMPSM) Universitas Parahyangan. Creation 2012 mengangkat tema “Socialize The Global Warming by Being A Creative Entrepreneur” yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa menciptakan barang yang dapat berkontribusi dalam mengurangi global warming. Tim Dr. Kong berhasil meraih Juara Kedua dalam kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa se-Jawa dan Bali tersebut.

Business Plan tim Dr. Kong berasal dari produk yang sedang mereka kembangkan dalam mata kuliah community development bersama penduduk desa Babakan Sari, Cianjur. Dr. Kong adalah brand yang mereka berikan untuk dendeng yang berasal dari kulit singkong. Di desa tersebut, kulit singkong merupakan salah satu buangan hasil pertanian yang jumlahnya cukup banyak. Olahan dendeng dari kulit singkong dapat memberikan nilai ekonomis bagi buangan hasil pertanian yang tadinya merepotkan masyarakat. Selain dapat membantu mengurangi sampah, proyek bisnis ini juga dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan penghasilan mereka. Konsep yang unik inilah yang akhirnya membuat juri kompetisi Creation 2012 memberikan nilai lebih bagi tim Dr.Kong yang berhasil mengimplementasikan tripple bottom line (Planet, People and Profit) dalam konsep bisnis mereka. Selain itu, konsep mereka adalah konsep yang sangat out of the box karena merupakan satu-satunya tim yang mengusulkan produk berupa makanan untuk mengurangi global warming.

Tahapan kompetisi ini dibagi menjadi 2, yaitu pengumpulan paper dan presentasi. Dari tahap pengumpulan paper, peserta disaring menjadi 5 besar. Tim yang berhasil masuk 5 besar tim dari ITB, Prasetiya Mulya Business School, UI, Universitas Brawijaya dan UNPAR. Presentasi business plan yang diadakan pada tanggal 9 April 2012 ini dinilai oleh juri-juri yang berpengalaman di bidang entrepreneurship, yaitu M. Ridwan Kamil (PT. URBANE Indonesia), Muhammad Assad (Sidra Nusantara Group, Ltd.), dan V.J Wisnu Wardhono (Dosen Universitas Parahyangan). “Kompetisi ini sangat menantang karena semua tim memiliki konsep dan ide yang sangat bagus. Kami bangga menjadi satu-satunya mahasiswa dari sekolah bisnis yang lolos dalam 5 besar karena tim lainnya merupakan mahasiswa dari jurusan teknik. Di lain pihak, kami masih harus belajar untuk mematangkan detail konsep secara teknis dalam business plan kami,” ujar Adri. Selamat atas pencapaian prestasi kalian. Prestasi ini menunjukan bahwa di tangan yang tepat, sebuah limbah buangan bisa menjadi produk yg menghasilkan. Hanya dibutuhkan ketekunan dan pemikiran yang kreatif untuk mewujudkannya.

Comments

Captcha