Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Berita

Jessica Livia, National Final Winner of P&G ASEAN Business Challenge 2014

Mei, 2014

Jessica Livia, mahasiswi S1 Marketing 2011, menjadi juara pertama dalam kompetisi tahunan P&G ASEAN Business Challenge di tingkat nasional, yang diadakan pada 14-17 April 2014. Sebanyak 30 finalis yang berasal dari 7 universitas bersaing secara berkelompok dalam kompetisi ini. Pada babak Final, Jeje, panggilan akrab Jessica, bersama dengan finalis lain yang berasal dari ITB, UI, UPH dan Unika Soegijapranata, tergabung dalam kelompok Green Team, bersaing dengan 4 tim lainnya.

Tahun ini, peserta National Final ditantang untuk menyusun strategi agar meningkatkan penjualan Gillette Indonesia sebesar 20%. Gillette Indonesia memiliki 6 varian produk dengan karakterisitik dan harga yang berbeda. Kegiatan finalis dimulai dengan mendapatkan penjelasan singkat dan pembagian kelompok. Di hari kedua, seluruh tim melakukan kunjungan ke Pasar Tebet (SES ABC), Pasar Palmerah (SES C), dan Kantin Sampoerna Strategic (SES AB), yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik pasar. Setelah kunjungan, dilanjutkan dengan FGD yang melibatkan target market Gillette. FGD dilakukan untuk mendapatkan insight yang dibutuhkan oleh Green Team dalam menyusun strategi. Dari kedua kegiatan tersebut, Green Team memperoleh informasi bahwa terdapat 6 hal utama yang diperhatikan oleh konsumen, yaitu brand credibility, pricing value, availability, benefit-functionality, packaging, dan promotion. Untuk eksekusi strategi, tiap tim diberikan dana sebesar Rp 1.000.000 untuk modal pembelian produk, dan Rp 700.000 untuk sewa tempat. Green Team menghabiskan dana sebesar Rp 400.000 untuk mendapatkan tempat di Kantin Sampoerna Strategic dan Rp 850.000 untuk membeli produk Gillette. Setiap produk yang tidak berhasil terjual akan mendapatkan penalti 70% dari total budget. Tim Jeje berhasil mendapatkan Kantin Sampoerna Strategic sebagai single seller. Untuk penjualan produk, Green Team fokus pada Gillette Vector (SES B), dan Gillette Mach 3 (SES A), yang disesuaikan dengan profil target market.

Pada hari ketiga, Green Team mempresentasikan konsep mereka di depan director P&G. Konsep utama tim adalah “Enjoy Your Modern Shaving Experience” dengan 3 pesan utama, yaitu: 1. Shaving is not hurtful; 2. Shaving is enjoyable; 3. Modern man didn’t use disposable razor anymore. Strategi ini cukup beresiko, karena kelompok mencoba mengubah kebiasaan masyarakat yang biasanya mencukur menggunakan disposable razor menjadi non-disposable razor. Guna mendukung strategi utama mereka, Green Team membuat konsep in-store consultant untuk mengedukasi konsumen di retail store sebagai touchpoint utama strategi mereka. Selain itu, tim juga tidak menggunakan strategi promosi karena dinilai dapat menurunkan brand image Gillette.

Pada hari ke-4, Green Team mengeksekusi strategi yang telah mereka rencanakan. Dalam kurun waktu 3 jam (08.30 – 11.30) tim berhasil menjual keseluruhan produk mereka yang terdiri dari 30 Gillette Mach 3 dan 20 Gillette Vector dengan mendapatkan profit sebesar Rp 370.000. Dalam kompetisi ini, Jeje berperan utama untuk membantu pengarahan kerangka berpikir, strategi, dan teori dari sisi Marketing. Jeje harus memastikan messages, activitie, dan value chain yang disampaikan konsisten dengan strategi yang diangkat.

Menurut Jeje, juri menilai bahwa Green Team memiliki kerja sama tim yang bagus, strategi yang berani berbeda dengan kelompok lain, serta konsisten dan koheren dalam mengeksekusi strategi mereka. Poin-poin tersebut menjadi keunggulan dan membuat Green Team menjadi pemenang. Jeje merasa kompetisi ini memberikannya pengalaman yang sangat berharga. Dalam kompetisi ini, Jeje dapat bertemu dengan sesama finalis yang berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda, menyusun strategi dan eksekusi dalam waktu yang singkat, serta belajar mengenai situasi yang akan ditemui di dunia nyata. Tim pemenang National Final akan bersaing di Regional Final, yang akan diadakan di kantor pusat P&G di Singapore. Mereka akan bersaing dengan finalis dari Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam, dan Filipina. “At the end, winning is a bonus. We will try to give our best performance and let God do the rest,” ujar Jeje. Good luck untuk Jeje di Regional Final nanti! Semoga berhasil!

Comments

Captcha