Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Berita

Marketing Plan Competition 2011: Globalize Consumer Goods

Desember, 2011

Student Board S1 Prasetiya Mulya sukses menyelenggarakan The 2nd Marketing Plan Competition (MPC) tahun ini. Kompetisi ini dilaksanakan pada 12-26 November 2012. Sebagai perbaikan dari acara tahun lalu, tahun ini panitia membuat tema yang lebih spesifik, yaitu “Globalize Consumer Goods”. “Global tidak harus diartikan international-oriented, tetapi dapat juga diinterpretasikan dengan menjadikan produk lokal sebagai raja di negeri sendiri, dengan mengalahkan produk-produk yang sudah mendunia”, ujar Hagi Adityo, ketua panitia cara tersebut. Tahun ini, peserta dibatasi menjadi 40 tim., yang terdiri dari 6 tim dari Prasetiya Mulya dan 34 tim dari kampus lainnya.

Tahun ini, PT. Sinar Sosro Indonesia, perusahaan air minum terkemuka di Indonesia, menjadi kontributor kasus dalam kompetisi ini. Peserta dapat memilih strategi product development, building new business, atau maintaining existing product/consumer. Pada hari pertama, peserta mendapat kesempatan untuk mengunjungi PT. Sinar Sosro Indonesia di Jakarta. Setelah company visit tersebut, peserta diberi waktu 10 hari untuk menyusun ide dan mempersiapkan proposal mereka. Pada tanggal 22 November, seluruh peserta harus menyerahkan proposal mereka ke panitia. Seluruh peserta kemudian diundang untuk melakukan final presentation. Hanya lima kelompok terbaik yang dapat melaju ke babak selanjutnya untuk mempresentasikan ide mereka di depan Dewan Juri, yang tediri dari Wisnu Wahyuriyadi (Vice GM of Marketing Analysis PT. Sinar Sosro Indonesia), Realino Yudianto (Faculty Member Prasetiya Mulya), dan Bardan Almandi (okezone.com)

Tiga tim terbaik keluar sebagai pemenang. Juara pertama dan kedua diraih oleh tim dari Prasetiya Mulya, sedangkan juara ketiga diraih oleh tim dari Universitas Tarumanegara. POSH Team (Johannes Andrew, Viera Lutfia Anjani, dan Nadya Augustya dari S1 2009) sebagai juara pertama, mengajukan sebuah produk baru untuk PT. Sinar Sosro. Mereka bertujuan untuk mendapatkan segmen pasar baru. Produk yang mereka ajukan adalah black tea, dengan merek “POSH”. Positioning produk ini adalah sebagai teh kesehatan dan relaksasi. Mereka mengombinasikan beri-berian dan herbal yang sehat sebagai bahan campuran dalam teh ini. “Waktu yang sangat singkat untuk menyelesaikan konsep ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi tim kami”, ujar Viera, salah satu anggota POSH team. Viera dan tim belajar banyak tentang Marketing dari kompetisi ini. Selain menjadi pemenang, Johannes Andrew, salah satu anggota tim POSH, terpilih sebagai best presenter. Konsep yang sangat komprehensif dan detail merupakan dua hal yang membuat tim ini menjadi pemenang.

Tim pemenang kedua dari Prasetiya Mulya, Tim 35 (Yurika Suhalim, Rizky Arif, dan Angelica Meyta Sari dari S1 2009) memilih strategi maintain existing product, Teh Botol Sosro, dengan konsep mereka yang berjudul “Change the Tyres without Stopping the Cars”. Tim ini mengajukan perubahan kemasan Teh Botol Sosro, dari botol kaca menjadi PET. Perbedaan konsep dari strategi mereka dari kemasan PET yang sudah ada yaitu terletak pada ukurannya. Tim mereka melakukan survey kualitatif, FGD dengan konsumen Teh Botol Sosro dan menemukan bahwa konsumen membutuhkan kemasan PET dalam ukuran yang lebih kecil. Tim ini kemudian mengusulkan pada PT. Sinar Sosro Indonesia untuk membuat kemasan PET yang baru dengan ukuran yang sama dengan kemasan botol. “Kelangkaan data merupakan tantangan bagi kami. Kami belajar banyak dari kompetisi ini. Dalam mempersiapkan konsep marketing, kami harus melihat lebih jauh tentang nilai dan budaya perusahaan”, ujar Angie. Selamat untuk panitia, seluruh peserta, dan pemenang kompetisi ini. Kreatifitas yang berdasar pada konsep adalah hal yang dipelihara di Prasetiya Mulya Business School. Sampai jumpa di MPC 2012!

Comments

Captcha