Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Berita

MoU Universitas Prasetiya Mulya dengan PT Adaro Power Tbk

November, 2016

Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama Antara

Universitas Prasetiya Mulya dan PT Adaro Power Tbk.

 

Pada tanggal 29 November 2016, Universitas Prasetiya Mulya secara resmi menjalin kerjasama dengan PT Adaro Power Tbk. Adapun kerjasama tersebut diwujudkan dalam bentuk penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang berlangsung di Universitas Prasetiya Mulya, Cilandak Campus, Jl. RA. Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat, DKI Jakarta.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini diwakili oleh Prof. Dr. Djisman Simandjutak selaku Rektor dan Dr. Ida Juda Widjojo selaku Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Eksternal Universitas Prasetiya Mulya, Bapak Adrian Lembong selaku Direktur dan Bapak Dharma Hutama Djojonegoro selaku Wakil Direktur PT Adaro Power Tbk., serta disaksikan oleh segenap tenaga ahli PT Adaro Power Tbk. dan Faculty Member School of Applied STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dari Universitas Prasetiya Mulya.

Kesadaran akan pentingnya pemanfaatan energi, khususnya energi terbarukan di Indonesia membawa Universitas Prasetiya Mulya dan PT Adaro Power Tbk. melakukan program kerjasama ini.  Melalui program kemitraan ini, Universitas Prasetiya Mulya dan PT Adaro Power Tbk. akan berkolaborasi untuk memberdayakan dan menggaungkan energi, khususnya energi terbarukan, yang akan diimplementasikan dalam bentuk penelitian dan pengembangan di bidang teknologi energi misalnya sistem pengelolaan limbah tandan kosong kelapa sawit di Kalimantan. Di sisi lain, PT Adaro Power Tbk. Juga turut serta dalam memberikan dukungan pada pendidikan melalui berbagai program yang aplikatif seperti internship program, factory visit, training program serta guest lecturer bagi mahasiswa khususnya Program Studi S1 Energy Engineering.

Prof Djisman menuturkan “Kami optimis bahwa dengan  kerjasama stratejik ini, mahasiswa S1 Universitas Prasetiya Mulya khususnya prodi Energy Engineering akan lebih memiliki gambaran dan pembelajaran yang nyata. Hasil studinya-pun diharapkan akan lebih aplikatif bagi dunia bisnis dan berdampak baik bagi masyarakat pada umumnya”.

Bapak Adrian Lembong menambahkan, selain bertujuan untuk memajukan sumber daya manusia, bisnis dan bidang energi di Indonesia. Program  kerjasama ini juga membawa dampak positif bagi perusahaan dalam memahami persepsi hubungan ketenagakerjaan. “Berinteraksi langsung dengan mahasiswa dan badan pendidikan, membuat perusahaan memahami sinkronisasi kesiapan calon pekerja kedepannya, kami bisa mengetahui ekspektasi mereka dan mereka pun bisa mempelajari dunia kerja yang sesungguhnya.”

PT Adaro Power Tbk berdiri sejak tahun 2004. Adaro merupakan perusahaan yang berfokus pada bisnis pertambangan batubara, dimana perusahaan pertambangan utamanya adalah PT Adaro Indonesia. Adapun anak perusahaan lainnya terintegrasi di sepanjang rantai pasokan batubara mulai dari tambang ke pelabuhan dan berlanjut ke pembangkit listrik, yang meliputi penambangan, tongkang, pemuatan kapal, pengerukan, jasa pelabuhan, pemasaran dan ketenagalistrikan.

 

Program S1 Energy Engineering Universitas Prasetiya Mulya

Penggunaan energi berbahan bakar fosil yang berlebihan menyebabkan perubahan iklim dunia. Permasalahan lingkungan tersebut membutuhkan energi terbarukan yang merupakan energi yang dapat diperoleh ulang dan ramah lingkungan seperti biomasa, panas bumi, tenaga matahari, tenaga air dan tenaga angin. Indonesia memiliki beragam potensi energi terbarukan yang harus dikembangkan. Pemanfaatan energi terbarukan disertai penghematan energi akan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

Mengurangi pembakaran bahan bakar fosil berarti juga mengurangi emisi karbon dioksida dan memperkecil perubahan iklim. Program S1 Energy Engineering Prasetiya Mulya yang akan dimulai pada tahun 2017 memberikan jawaban atas permasalahan energi dan lingkungan dengan mempelajari berbagai teknik energi biomasa, panas bumi, tenaga matahari, tenaga air dan tenaga angin dengan melakukan simulasi, desain reaktor dan pembuatan prototipe.

Comments

Captcha