Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Berita

Nazier, Juara Ke-3 Junior Forest Contest di Moscow, Rusia

Oktober, 2012

Mahasiswa S1 Prasetiya Mulya kembali mendapatkan penghargaan di tingkat internasional. Nazier Muhammad Arifin, dari S1 Marketing 2010, memenangkan Juara Ketiga untuk 9th International Junior Forest Contest yang diadakan di Moscow, Rusia, September lalu. Kompetisi tersebut memiliki beberapa tujuan, antara lain untuk menjembatani kerjasama antar-pemuda dari berbagai negara;membangun kesadaran berbasis lingkungan di antara para pemuda; berbagi pengetahuan dalam manajemen kehutanan, lingkungan, dan pengalaman dalam praktiknya; serta untuk menjawab perhatian masyarakat dunia terhadap berbagai tantangan yang muncul di bidang kehutanan. Selain itu, kompetisi ini juga memiliki tujuan lain, yaitu untuk mendorong inisiatif pemuda dalam memperluas ilmu pengetahuan dan mengembangkan keahlian dalam bidang ekologi kehutanan, budidaya dan perlindungan hutan, perawatan dan regenerasi hutan yang dapat yang meningkatkan pelatihan dan bimbingan khusus di bidang lingkungan dan kehutanan.

Pada kompetisi tersebut, sebanyak 124 pemuda dari 52 negara, termasuk Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Polandia, Swedia, dan Finlandia, mempresentasikan essai mereka. Nomination Committee pada kompetisi tersebut bertugas untuk menyaksikan sekaligus mendiskusikan presentasi peserta. National Committee tersebut terdiri dari ahli sains dari berbagai latar belakang, ahli industri terkemuka, dan ahli yang berpengalaman di bidang kehutanan yang berasal dari Rusia, Brazil, Amerika Serikat, Republik Korea, Polandia, Swedia, Finlandia, Kenya, serta perwakilan dari FAO.

Kompetisi tersebut terlaksansa dalam suasana yang penuh kekerabatan. National Committee mengakui adanya spektrum yang luas dan dalam tinkgkat yang tinggi pada berbagai presentasi yang disajikan. Setelah melalui diskusi panjang dan intensif, Juara Pertama diberikan pada peserta dari Amerika Serikat, Juara Kedua diberikan pada peserta dari Brazil. Juara Ketiga diberikan pada peserta dari Indonesia, Nazier Muhammad Ariffin, melalui karyanya yang berjudul “Turning the Page on Rainforest Destruction”.

“Turning the Page in Rainforest Destruction” memberikan realita mengenai industri pulp and paper yang berperan besar dalam perusakan hutan Indonesia, dan ide untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sudah menjadi rahasia umum bahwa perusahaan-perusahaan pulp and paper dengan cepat melakukan penebangan hutan dan mengakibatkan berbagai area hutan hujan dan lahan gambut di Indonesia mengalami kekeringan. “Turning The Page on Rainforest Destruction” mencoba untuk memnelaah semua permasalahan mengenai kerusakan hutan dan memberikan beberapa solusi. Di antaranya adalah “The Pulp and Paper Green Transformation Program”, menggunakan sistem investasi “green-focused”,  memberikan penawaran yang unik bagi sektor kehutanan untuk bersama-sama melakukan perbaikan lingkungan dan pada saat yang bersamaan memperbarui posisi industry lokal di pasar dunia dan membuka jalan demi keuntungan jangka panjang bagi industri tersebut. Sebuah karya yang luar biasa dari Nazier, dan semoga proposal ini dapat benar-benar diimplementasikan nantinya. Sekali lagi selamat untuk Nazier!

Comments

Captcha