Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Berita

Prasetiya Mulya Mendominasi Kejuaraan di Kompetisi Entrepreneur Star ITB

April, 2012

Pada acara Entrepreneur Star 2012 yang diadakan oleh MBA ITB tanggal 19 April 2012 lalu, dua kelompok bisnis dari Prasetiya Mulya masuk dalam 5 besar. Tim pertama, Milestone – Youth Magazine yang diwakili oleh Ardelia Djati Safira, Bavner Donaldo dan Christopher Kevin (S1 Bisnis 2010) mendapatkan juara pertama. Tim kedua,  Churrein – Cafe Churros yang diwakili oleh Yessica Prayogi, Willy Gunawan dan Chatarina Widya (S1 Bisnis 2010) mendapatkan juara 4. Entrepreneur Star adalah kompetisi tahunan yang diadakan oleh MBA ITB yang mengundang mahasiswa S1 yang memiliki minat terhadap entrepreneurship. Kompetisi ini diikuti oleh kurang lebih 40 kelompok bisnis dari berbagai universitas.

Milestone, pemenang dari lomba ini, adalah sebuah online youth magazine. Majalah ini berbasis browser dan dapat diakses dari berbagai mobile device. Edisi pertama dari majalah ini telah mendapatkan 1000 pembaca. Saat ini, Milestone magazine dijalankan oleh 14 orang mahasiswa S1 bisnis Prasetiya Mulya. Ide untuk membuat online magazine berasal dari pengamatan mereka terhadap meningkatnya behavior masyarakat untuk mencari informasi tentang apapun secara online. Business plan yang disusun oleh tim Milestone sangat komprehensif dan well prepared. Mereka menggunakan chart untuk mempermudah dalam menjelaskan berbagai konsep, menggunakan gambar untuk memperindah tampilan business plan, dan menggunakan bahasa yang to the point sehingga tidak membosankan. Hal ini merupakan salah satu keunggulan kelompok ini dibandingkan dengan peserta lain.

Churrein, yang mendapatkan peringkat 4 pada kompetisi ini, adalah sebuah bisnis makanan yang juga dikelola oleh mahasiswa S1 Bisnis Prasetiya Mulya. Produk yang ditawarkan adalah churros, yaitu makanan ringan yang berasal dari Spanyol. Strategi penjualan mereka adalah dengan mengikuti berbagai acara untuk anak muda. Hingga saat ini, masih sedikit bisnis makanan yang menjual churros sehingga Churrein dapat memanfaatkan first mover advantage untuk pengembangan bisnis mereka.

Kompetisi Entrepreneur Star 2012 dibagi menjadi 3 tahap. Tahap pertama, semua peserta yang sudah terdaftar dalam kompetisi ini diberikan waktu selama 3 menit untuk mempresentasikan ide bisnis mereka dalam bahasa Inggris. Dari tahap tersebut akan disaring 10 kelompok untuk mengikuti workshop dalam membuat business plan. “Saya merasa workshop yang diberikan sangat berkesan. Kami diajari untuk mengeksplore kreatifitas kami dalam membuat business plan yang komprehensif”, ujar Safira dari kelompok Milestone. Tahap selanjutnya, peserta disaring menjadi 5 besar untuk mempresentasikan business plan yang telah mereka buat di hadapan dewan juri. Waktu yang diberikan hanya 5 menit. Dewan juri yang menilai adalah Wawan Dhewanto (CIEL), Hariono (CEO Kasa Group, pemilik Bersih Sehat, Midori Japanese Restaurant, dan Ngalam Resto Khas Malang) dan Ben Wirawan (Direktur Mahanagari Nusantara). “Presentasi business plan dalam waktu 5 menit adalah bagian yang paling menantang. Kami harus dapat menunjukkan kelebihan bisnis kami dalam waktu yang sangat singkat”, imbuh Safira. Tim Milestone dinilai unggul oleh dewan juri karena mereka dapat mengidentifikasikan dengan baik kebutuhan target pasar mereka.

Comments

Captcha