Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Berita

Safira dan Jessica, YLI Ambassador 2014

Mei, 2014

Dua orang mahasiswi S1 Prasetiya Mulya terpilih sebagai Young Leaders Indonesia Ambassador 2014. Ardelia Djati Safira (S1 Bisnis 2010) dan Jessica Livia (S1 Marketing 2011) berhasil terpilih diantara 700 kandidat yang mendaftar di forum ini. Young Leaders Indonesia (YLI) adalah forum tahunan yang diadakan oleh perusahaan konsultan ternama, McKinsey, sebagai komitmen mereka untuk mencetak pemimpin-pemimpin masa depan. Setiap tahun, McKinsey memilih 60 pemuda dari berbagai universitas dan daerah di Indonesia untuk dapat menjadi YLI Ambassador. Tahun ini adalah tahun ke 6 McKinsey menggelar forum ini.

Untuk dapat terpilih menjadi YLI Ambassador, Jeje dan Fira harus menempuh beberapa tahapan seleksi. Syarat utama untuk dapat mendaftar di forum ini adalah nilai IPK harus di atas 3, aktif organisasi dan pernah berperan sebagai pemimpin, serta memiliki international exposure. Seleksi awal berupa seleksi berkas yang dilakukan melalui screening formulir pendaftaran online. Peserta harus menjelaskan prestasi yang dimiliki, beasiswa yang pernah diperoleh, serta organisasi dan ekstra kurikuler yang diikuti. Selain itu, peserta juga harus membuat esai berisi 500 kata tentang pengalaman kepemimpinan yang memberikan dampak positif pada mereka. Pada bagian ini, Fira menjelaskan tentang pengalaman pribadinya saat menjadi Wakil Ketua Student Board. Seluruh esai dan formulir pendaftaran disampaikan dalam Bahasa Inggris. Setelah melalui screening dokumen, kandidat yang lolos akan mendapatkan phone interview dari penyelenggara. Dari sejumlah 700 berkas yang masuk ke panitia, hanya 60 orang terbaik yang dipilih untuk lolos dari kedua tahapan seleksi ini.

Setelah terpilih sebagai YLI Ambassador, Fira dan Jeje memiliki kewajiban untuk mengikuti YLI National Forum yang diadakan sebanyak 3 kali dalam 1 tahun. Tugas pertama yang harus dilakukan setelah mengikuti National Forum pertama adalah personal leadership project. Untuk project ini, Fira mengangkat kembali bisnisnya, Milestone. Dalam project ini, setiap peserta dapat memilih project buddy, yaitu sesama YLI Ambassador dengan background edukasi yang berbeda, project coach, yaitu YLI Alumni tahun sebelumnya, serta project mentor yang berasal dari McKinsey. Kemudian, setelah mengikuti National Forum kedua, tiap peserta akan dibagi dalam kelompok untuk menyelesaikan group project yang berupa kasus nyata yang berasal dari klien-klien McKinsey. Dalam project ini, tiap kelompok harus bertindak sebagai konsultan yang memiliki tanggung jawab untuk dapat menyelesaikan kasus yang dihadapi oleh klien.

Dalam setiap National Forum, McKinsey mendatangkan pembicara-pembicara yang mumpuni di bidangnya. Contohnya, dalam National Forum pertama di tahun 2014 ini, McKinsey mendatangkan Ignasius Jonan (Direktur PT. KAI Indonesia), Handry Satriago (CEO General Electric Indonesia), serta Dr. Ir. Kuntoro Mangkusubroto (Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan atau UKP4). Selain itu, McKinsey juga menyiapkan sesi malam keakraban dan talent show yang bertujuan untuk membentuk kedekatan antar peserta. “Saya senang terpilih sebagai YLI Ambassador 2014. Saya mendapatkan kesempatan untuk dapat saling berbagi pengetahuan dengan teman-teman yang berasal dari berbagai background pendidikan yang berbeda dan memiliki prestasi yang hebat. Saya juga mendapat banyak insight dari pembicara-pembicara yang kredibel yang berbagi pengalaman leadership mereka kepada peserta. Saya belajar bahwa prinsip believe in ourselves sangat penting untuk terjun di dunia kerja maupun untuk menjadi pemimpin nantinya,” ujar Fira. Selamat untuk Fira dan Jeje!

Comments

Captcha