Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Berita

Team Avenger Juara I Gajah Mada Business Case Competition 2012

Januari, 2013

Penguhujung tahun 2012 ditutup dengan prestasi yang membanggakan dari mahasiswa S1 Prasetiya Mulya. Tim Avengers, yang beranggotakan Nicholas Kurniawan (S1 Marketing 2011), Reginald Indarsin (S1 Bisnis 2011) dan Victor Gabriel Saragih (S1 Finance 2011) berhasil meraih Juara I dalam Gajah Mada Business Case Competition 2012 yang diadakan oleh Ikamma FEB UGM pada tanggal 13-15 Desember 2012 lalu di Yogyakarta. Melalui penyusunan Bisnis plan yang sangat komprehensif, tim Avengers berhasil mengalahkan 62 tim lainnya yang berasal dari 23 Universitas di seluruh Indonesia. Juara 2 dan 3 diraih oleh tim Kandang Ide dari Universitas Indonesia dan tim Agriyouth dari Institut Pertanian Bogor.

Kompetisi ini dibagi menjadi beberapa tahap. Pada seleksi awal, semua peserta diminta untuk mengirimkan pre-case kepada panitia. Dari 63 makalah yang masuk ke panitia, kemudian disaring menjadi 20 besar untuk bersaing di tahap selanjutnya. Pada tahap selanjutnya, tim yang masuk 20 besar diminta untuk mempresentasikan penyelesaian kasus yang diberikan di tahap awal. Setelah itu, semua tim diberikan kasus baru dan harus dapat menyelesaikan kasus tersebut dalam waktu yang terbatas. Dari 20 tim, kemudian dipilih 7 tim untuk bersaing di babak final.

Case Contributor pada babak final adalah Wim Cycle. Tim finalis harus membuat business plan untuk membantu Wim Cycle dalam memenangkan persaingan industri. Tim Avengers membuat konsep Wim Find Ways¸ yang membagi business plan mereka menjadi 3 timeline progress. Rencana jangka pendek meliputi peningkatan kerjasama dengan pihak eksternal, Up Selling dan Wow Promotion & Innovation. Untuk jangka menengah, tim merekomendasikan untuk melakukan penyederhanaan proses Bisnis, peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap sepeda, merubah elstistas permintaan pasar dan perluasan target pasar. Dan untuk jangka panjang, perencanaan yang dibuat oleh tim Avengers adalah penguasaan Bisnis dari hulu ke hilir yang dicapai dengan melakukan proses produksi sendiri.

Menurut Nicholas, ide yang mereka ajukan dianggap solutif oleh dewan juri. Chief Marketing Officer (CMO) dari Wim Cycle memberikan nilai yang tinggi untuk tim mereka karena ide yang ditawarkan dianggap paling aplikatif dan realistis. Nicholas merasa bahwa kemenangan mereka ini juga didukung oleh semangat juang yang tinggi dari setiap anggota tim. Mereka memiliki teamwork dan pembagian tugas yang jelas. Nicholas berharap kemenangan ini bisa meningkatkan rasa percaya dirinya dan tim dalam mengikuti kompetisi lainnya. Atas prestasinya ini, Tim Avengers mendapatkan penghargaan berupa pin emas dan pelatihan dari Executive Learning Institute dari Prasetiya Mulya. Selamat dan teruslah berprestasi!

Comments

Captcha