Thank you for submitting your feedback!

Your feedback is very important to us.
Someone should respond to you within 24 hours of receipt of your feedback.

Berita

The Chosen One Juara Kedua ICMSS FEUI ke 11

Maret, 2012

Prestasi membanggakan kembali datang dari mahasiswa S1 Prasetiya Mulya. Dalam kompetisi Indonesia Capital Market Student Studies (ICMSS) ke-11 yang diadakan oleh FEUI, tim The Chosen One yang beranggotakan Bambang Tjiputra (S1 Finance 2008), Vincent Fanata (S1 Finance 2008) dan Christin (S1 Marketing 2008) berhasil meraih Juara Kedua.  ICMSS adalah kompetisi pasar modal tahunan yang diadakan bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Tema ICMSS tahun ini adalah “Investment Grade: A New Age of Indonesia Capital Market”.  Selain berkompetisi, peserta juga mendapatkan seminar dan training sesuai dengan tema tersebut. Kompetisi ini diadakan Selama 6 hari, 20 – 25 februari 2012.

Kompetisi pasar modal yang diadakan oleh FEUI ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu tahap pra-kompetisi dan tahap kompetisi. Pada tahap pra-kompetisi, peserta harus mengirimkan paper yang berisi analisa mengenai performa keuangan perusahaan yang ditentukan oleh panitia. Dalam paper tersebut, peserta harus menentukan keputusan untuk melepas atau menahan saham perusahaan tersebut. Paper harus disajikan maksimal 10 halaman. Tim The Chosen One menganalisa PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk yang bergerak di bidang perdagangan CPO. Rekomendasi yang diberikan oleh tim ini adalah BUY, dan menyoroti perkembangan kinerja perusahaan tersebut dengan tagline “Growth in Golden Decade. Too good to miss”. Analisa ini berhasil membawa tim Chosen One menjadi 25 besar dari 100 paper yang dikirimkan.

Tahap selanjutnya, 25 tim yang telah terpilih dikarantina selama 6 hari masa lomba tersebut. Pada hari pertama, 25 tim yang telah terpilih harus mempresentasikan paper yang telah mereka buat pada tahap pra-kompetisi. Juri untuk penilaian pada tahap ini adalah The Fei Ming, CFA (World Bank), Prof. Dr.Sidharta Utama, CFA (Independent Comisioner PT. Axa Mandiri), Hariyanto Wijaya, CFA (Assistant VP Equity Research), Poltak Hotradero (Head of Research Indonesia Stock Exchange) dan Rahman Untung Budiman, CFA (Head of Research Panin Asset Management). Setelah itu , peserta diberikan case study tentang kuasi reorganisasi. Dalam studi kasus tersebut, tim The Chosen One melakukan riset terhadap 5 perusahaan yang melakukan kuasi pada rentang tahun 2006-2010. Tim The Chosen One mendapat pujian karena menyajikan analisa yang komprehensif dengan membuat perbandingan pada 5 perusahaan, sedangkan tim lainnya rata-rata hanya menganalisa 1 perusahaan saja.  Dari kedua tahap ini, Tim The Chosen One berhasil meraih total poin sebesar 75.35 dan meraih juara kedua pada kompetisi ini. Nilai ini hanya selisih 1 poin dari peraih juara pertama.

“Event ini merupakan sebuah event yang bagus, karena benar-benar fokus ke capital market. Studi kasus yang diberikan langsung pada saat hari kompetisi juga bagus karena dapat benar-benar mengukur kemampuan peserta dalam analisa pasar modal”, kata Bambang Tjiputra yang memang memiliki passion di bidang analis keuangan. Mata kuliah Business Valuation yang sedang diambil pada semester 7 juga sangat membantu mereka dalam memahami seluk beluk pasar modal. Di Prasetiya Mulya Business School, jurusan S1 Finance memberikan kurikulum yang komprehensif bagi siswa yang tertarik untuk menjadi analis maupun barbagai profesi lain di bidang keuangan. Teruslah berprestasi mahasiswa Prasetiya Mulya!

Comments

Captcha