Saat ini semakin banyak matematikawan terapan yang tidak hanya menyelesaikan masalah matematika tetapi menggunakan keterampilan matematika yang unggul untuk memecahkan masalah di berbagai bidang termasuk bisnis. Sejak tahun 2008, pekerjaan untuk matematikawan terapan tumbuh sebesar 22%. Pertumbuhan ini disebabkan dunia beralih ke ekonomi digital. Setiap perkembangan membawa jenis pekerjaan dan tantangan bisnis baru.

Hal utama yang diperlukan oleh seorang matematikawan terapan adalah kemampuan untuk berpikir yang baik dan memecahkan masalah yang kompleks. Studi tentang matematika akan membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan analitis yang kuat. Keterampilan tersebut perlu didukung dengan penguasaan komputer, kemampuan softskill, dan wawasan bisnis yang kuat sehingga mahasiswa menjadi seseorang Matematikawan Masa Depan (Future Mathematicians). Seorang Matematikawan Masa Depan akan memiliki daya saing yang tinggi, pilihan pekerjaan yang banyak, mampu melihat berbagai peluang bisnis, dan akan mudah beradaptasi terhadap perubahan karena didukung oleh kemampuan hardskill dan softskill yang baik.


Alasan memilih Matematika Bisnis

“Mathematics is the future, why?” 
Penggunaan matematika dalam industri dan bisnis berkembang pesat, dan matematikawan telah memberikan kontribusi pada keunggulan teknis dan penghematan biaya melalui pemodelan, analisis, dan komputasi yang efektif dan efisien. Salah satu contoh industri yang sedang berkembang dan memerlukan keahlian seorang matematikawan adalah industri asuransi yang memiliki pertumbuhan 40%. Oleh karena itu, peluang untuk bekerja atau berwirausaha di berbagai bidang industri sangat terbuka, terutama aktuaris.​


Peluang karier


Kesempatan berkarier untuk lulusan Sarjana Matematika Bisnis Prasetiya Mulya sangat luas dan memiliki prospek masa depan yang baik. Lulusan Matematika Bisnis Prasetiya Mulya diharapkan dapat membangun bisnis atau dapat bekerja dibidang seperti: Aktuaria, Perbankan, Teknologi Informatika (IT), Teknik, Riset Operasi, Peneliti, Konsultan, Jasa Keuangan, Akuntansi, dan Jasa Profesional Lainnya. Selain itu Matematika adalah jurusan yang menghasilkan lulusan dengan gaji tertinggi (Ina Liem, kompas.com, 16 Februari 2013) dan lulusan matematika menduduki urutan pertama dari perspektif work environment, stress level, dan hiring outlook (Jobs Rated, 2014, www.careercast.com).


READ MORE