School of Business and Economics

 School of Business and Economics

VISI

“Menjadi Sekolah Bisnis dan Ekonomi terkemuka di tingkat regional dan rujukan utama dalam pengembangan 

inovasi pendidikan bisnis dan ekonomi, riset, dan kajian bisnis dan ekonomi serta pengembangan kapasitas 

masyarakat bisnis.”


MISI 
- Menghasilkan entrepreneur/pemimpin yang tidak hanya mampu membawa organisasinya bersaing di tingkat regional tetapi juga menginspirasi masyarakat di sekitarnya.


- Menghasilkan dan mendiseminasikan riset terkini yang mampu   memperbaiki dan menemukan cara baru mengelola organisasi untuk mencapai keberlanjutan usaha dan pertumbuhan menguntungkan.


- Menghasilkan kontribusi yang nyata bagi masyarakat, bisnis dan pemerintah untuk mendorong masyarakat Indonesia yang lebih baik.


 

S1 Accounting

Salah satu permasalahan utama pendidikan akuntansi di Indonesia adalah kebanyakan lulusan tidak siap kerja, karena mereka tidak pernah berpartisipasi aktif dalam praktik bisnis dan lebih banyak belajar secara teoretis atau hanya sekadar studi kasus dari buku teks. Di Universitas Prasetiya Mulya, mahasiswa Akuntansi akan banyak berpartisipasi aktif dalam praktik bisnis, mereka terlibat dalam menganalisis hal-hal yang terkait dengan bidang keuangan untuk pengembangan bisnis berskala mikro. Mereka mampu menghitung dan menganalisis biaya dan pendapatan dari berbagai model bisnis dan industri, serta memberikan masukan mengenai masa depan bisnis.

Mahasiswa dibekali dengan kemampuan untuk melakukan analisis terkait pengendalian dan pelaporan, evaluasi biaya dan analisis pasar dan simulasi bisnis. Mahasiswa diarahkan untuk mampu:

• Membaca laporan keuangan.

• Melakukan evaluasi banding atas strategi perusahaan dan hasil yang tercermin dalam laporan keuangan.

• Melakukan proses simulasi audit atas perusahaan ataupun proses merger dan akuisisi.

Peluang Karier

Hampir semua pekerjaan yang menggunakan kemampuan finansial merupakan peluang karier seorang akuntan. Namun secara umum, seorang lulusan akuntansi dapat memilih untuk bekerja di internal perusahaan (Bookeeping, Budgeting, Controlling & Reporting, Universitas Prasetiya Mulya 7 Internal Audit, Corporate Finance & Treasury, Business Analyst, Compliance) atau di luar perusahaan (Consultant, External Auditor, Tax Planning, Forensic Accounting, Business Recovery and Insolvency). Yang paling menarik, berbagai bidang industri membutuhkan Akuntan, baik untuk posisi internal maupun kerja sama eksternal. Di sektor layanan publik dan pemerintahan pun peran akuntan sangat diperlukan, sehingga peluang karier akuntan terbuka lebih besar.

Kandidat

Mahasiswa SMA dan yang sederajat dengan konsentrasi IPA dan IPS.


S1 Branding (Formerly S1 Marketing)

Pernahkah kita bayangkan dunia ini tanpa Pemasar (Marketer). Kita hidup di dunia yang hampir memiliki keseragaman (similarity world). Berbagai produk diciptakan dengan nyaris tanpa perbedaan diantaranya. 

Pernahkah kita lihat produk di pasar yang lebih laku, diminati dan dibeli oleh orang dibandingkan dengan produk yang lainnya. Coba bayangkan jika produk yang Kita buat tidak diminati oleh pelanggan atau calon pelanggan. Bagi perusahaan, baik itu perusahaan besar atau kecil atau bahkan perusahaan startup, menciptakan keunikan dari sisi produk dan layanan supaya konsumen melihat adanya perbedaan, adalah sebuah hal yang harus dilakukan. 

Bagi perusahaan, melakukan berbagai aktifitas Branding untuk memperkenalkan produknya ke konsumen harus dilakukan. Tidak hanya memanage Aspek konsumen dan aktifitas Branding offline dan digital saja, tapi jauh lebih luas yaitu memanage persepsi dari brand produk dan perusahaan.

Sejak 2010, Prasetiya Mulya memiliki jurusan s1 marketing dan sudah menghasilkan para marketer muda yang handal dan menjadi rising star di perusahaan nya, national dan multinational. Tidak hanya itu, para lulusan juga memiliki kemampuan menjadi pebisnis handal yang memiliki pemahaman mengenai branding strategy yang dibutuhkan untuk mempromosikan produk mereka, sehingga pelanggan tidak hanya aware, tapi juga membeli produk. 

Di tahun 2016 ini, Prasetiya Mulya S1 Marketing melakukan rejuvenate dan update kurikulum menjadi S1 Branding sehingga menjadi lebih comprehensive dan siap untuk menjawab tantangan marketer dan pebisnis yang selalu berubah.

Di S1 Branding, para mahasiswa akan ditantang untuk menjadi marketer handal tidak hanya mampu dalam mengidentifikasi konsumen, menciptakan produk yang unik, tapi kita mengkomunikasikan perbedaan ini melalui integrasi kegiatan branding baik offline maupun digital, sehingga konsumen menjadi aware, interest dan tertarik untuk melakukan pembelian.


S1 Business

  Membangun Generasi Wirausahawan Terdidik Jumlah wirausahawan di Indonesia masih jauh dari angka yang ideal. Oleh sebab itu, Indonesia memerlukan banyak wirausahawan muda yang inovatif untuk dapat membuka lapangan kerja dan memajukan bangsa. Program Studi Manajemen Bisnis Universitas Prasetiya Mulya dirancang untuk menghasilkan wirausahawan terdidik yang mampu mengaplikasikan konsep bisnis ke dalam praktik bisnis yang nyata.

Hal ini dilakukan dengan mengintegrasikan laboratorium bisnis ke dalam proses pembelajaran sehingga mahasiswa dapat langsung mempraktikkan teori yang dipelajari di kelas ke dalam sebuah proyek bisnis. Program ini juga dirancang untuk menumbuhkan karakter entrepreneurial dan kepekaan sosial dari lulusannya dengan selalu membiasakan mahasiswa untuk mendesain konsep bisnis inovatif yang mampu menjadi solusi bagi permasalahan sosial maupun lingkungan.

Di balik setiap kesuksesan seorang pebisnis, ada rintangan dan hambatan yang harus dilalui sebelumnya. Dengan mengikuti proses pembelajaran di Manajemen Bisnis Universitas Prasetiya Mulya, mahasiswa akan dilatih untuk selalu mencari solusi inovatif dalam menjawab setiap tantangan bisnis.


S1 Business Economics

Dinamis. Strategis. Aplikatif Seiring tumbuhnya perekonomian global, isu lingkungan serta privatisasi, kegiatan bisnis berkembang semakin luas dan kompleks. Hal ini menyebabkan setiap perusahaan memerlukan strategi bisnis yang inovatif. Dengan semakin berkembangnya kompleksitas bisnis tersebut, peran ekonom tidak hanya diperlukan sebagai pembuat kebijakan publik namun juga sebagai bagian dalam proses pengambilan keputusan bisnis berbasis pengetahuan dan keterampilan di bidang ekonomi.

Oleh karena itu, Universitas Prasetiya Mulya menghadirkan program studi Ekonomi Bisnis yang dirancang untuk menjawab kebutuhan perusahaan akan tenaga ahli yang dapat mengaplikasikan teori ekonomi ke dalam praktik bisnis dan memanfaatkan peluangpeluang di masa yang akan datang.  


S1 Event

Potensi penyelengaraan event di Indonesia sangat besar. Event dapat berupa pertunjukan budaya, sarana hiburan dan terkait dengan event-event anak muda yang sedang marak maupun event komunitas yang semakin berkembang. Begitu juga event dapat digunakan sebagai bentuk apresiasi oleh organisasi usaha bagi karyawannya. Event terbagi atas 2 industri yaitu MICE (meeting, incentive, convention, & exhibition) dan special event (budaya, olahraga, pernikahan, ulang tahun, dll.). 

Oleh karena itu, sudah selayaknya penyelenggaraan event nasional dan internasional membutuhkan inovasi, sumber daya manusia (SDM) yang ahli, dan mentalitas pelayanan kelas utama. Sebagai catatan, dari sisi MICE saja, Kementerian Pariwisata mencatat bahwa berbagai event yang digelar di Indonesia menghasilkan pemasukan hingga triliunan rupiah dan turut berkontribusi terhadap terciptanya lapangan pekerjaan. Dengan dukungan kuat pemerintah pada sektor pariwisata dan berkolaborasi dengan dunia pendidikan, Event Management Universitas Prasetiya Mulya diharapkan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan industri ini secara keseluruhan, terutama di Indonesia. 

Sebagai penggagas jurusan S1 Event pertama kali di Indonesia, Prasetiya Mulya mendapat pengakuan internasional sebagai Center of Excellence untuk S1 Manajemen Event oleh Asia Pacific Institute for Events Management (APIEM).


S1 Finance & Banking

Subprodi Keuangan & Perbankan mempersiapkan lulusannya untuk bekerja di dunia keuangan, utamanya yang terkait dengan investasi dan perbankan. Di peminatan Keuangan, mahasiswa akan mempelajari berbagai teknik yang digunakan dalam menilai suatu kesempatan investasi dan hal-hal yang terkait. Lulusan peminatan Keuangan juga diharapkan dapat membuat keputusan investasi terkait berbagai instrumen keuangan yang berbeda.

Peminatan Banking mempersiapkan lulusannya dengan berbagai kompetensi teknis untuk bekerja di berbagai divisi bank, seperti divisi funding and services, treasury, penjualan dan pemasaran, kredit, keuangan dan akuntansi, IT, legal and compliance, audit, HR, dan operasi. Untuk mendapatkan pemahaman proses perbankan secara keseluruhan, mahasiswa juga akan diberi mata kuliah terkait general banking. Untuk memberikan pemahaman mengenai bagaimana cara membatasi risiko di dunia perbankan, mahasiswa juga akan diberi mata kuliah manajemen risiko.


S1 Hospitality Business

Service, Strategy and Synergy Bisnis pariwisata adalah bisnis tanpa batas. Aktivitas pariwisata dapat melestarikan budaya, menjaga alam, membangun masyarakat, dan meningkatkan ekonomi. Jejak pariwisata dapat ditelusuri sejak berabad-abad yang lalu. Manusia melakukan perjalanan untuk berbagai tujuan, mulai dari perjalanan bisnis, mengunjungi saudara dan kerabat, untuk melepaskan diri dari rutinitas sampai untuk mencari jati diri.

Industri pariwisata adalah industri yang dinamis. Destinasi baru terus bermunculan untuk dieksplorasi, jumlah kedatangan turis terus meningkat setiap tahunnya. Di tengah gejolak ekonomi dan politik, industri pariwisata tetap meningkat stabil. S1 Hospitality Business Universitas Prasetiya Mulya mengombinasikan antara ilmu pariwisata dan bisnis. Dengan kombinasi ini, lulusan S1 Hospitality Business akan memiliki sensibilitas hospitality, pengetahuan operasional, kemampuan mengelola kompleksitas dari level mikro dan makro manajerial yang andal dan cara berpikir seorang entrepreneur.


S1 International Business Law*

Di Indonesia, perkembangan bisnis dalam kurun waktu terakhir ini telah memasuki babak baru dengan makin berkembangnya bisnis dan transaksi internasional yang dilakukan oleh para pelaku usaha. Kondisi ini sangat membutuhkan pemahanan praktek atas hukum bisnis internasional.Perkembangan lainnya Hukum bisnis internasional juga sebagai pedoman dan sumber hukum dalam penyelesaian konflik atau sengketa bisnis internasional yang terjadi.

Berdasarkan fakta ini, hukum bisnis internasional sebagai suatu disiplin ilmu berkembang secara pesat dalam jangka waktu satu dekade terakhir.Prasetiya Mulya menjawab tantangan perkembangan bisnis dan hukum bisnis international dengan menyelenggarakan Program Studi Sarjana Hukum Bisnis Internasional.

*Program akan dibuka tahun 2018


 

School of Business and Economics