Pentingnya Membangun Eksistensi di Dunia Online

Universitas Prasetiya Mulya > Uncategorized @id > Pentingnya Membangun Eksistensi di Dunia Online
Membangun eksistensi bisnis di dunia online

Mendengar kata “online” saat ini tentu sudah tidak asing lagi dan sudah menjadi hal yang biasa karena hampir di semua aktivitas sudah dilakukan secara online. Mulai dari kegiatan jual beli yang sekarang bisa dilakukan secara online hingga kegiatan pembelajaran di kampus secara virtual. Kehadiran dunia online di tengah masyarakat sekarang sangat berdampak positif karena bisa dirasakan semua kalangan termasuk mahasiswa. Setiap mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan mulai dari S1 hingga S3 harus memanfaatkan kehadiran sistem online ini. Ada beberapa alasan yang penting untuk diketahui mengapa mahasiswa harus mulai membangun eksistensi di dunia online sejak kuliah, apa saja?

Alasan Mahasiswa Harus Mulai Membangun Eksistensi di Dunia Online Sejak Kuliah

Dengan dunia yang terhubung, Anda pun perlu membangun eksistensi di dunia online secara positif sejak di bangku kuliah. Ini adalah salah satu kesempatan bagi Anda untuk tampil lebih menonjol dari kandidat lain dalam persaingan merebut karir impian.

Dunia online juga memiliki jangkauan luas, sehingga rekam jejak Anda dapat ditelusuri perusahaan dari dalam maupun luar negeri, termasuk perjalanan Anda saat masih kuliah di universitas jurusan bisnis terbaik di Indonesia yaitu Universitas Prasetiya Mulya. 

Tentu saja Anda tidak harus mengeluarkan biaya lebih terlalu mahal, karena Anda dapat memanfaatkan Linkedin, website maupun blog pribadi dalam membangun eksistensi ini. Bahkan Anda dapat mulai mengembangkan bisnis online sejak mahasiswa untuk mendukung eksistensi Anda.

Berdasarkan data yang diperoleh dari DataReportal tahun 2022, total pengguna internet aktif sebesar 4,95 miliar orang. Sedangkan total pengguna internet aktif di Indonesia berdasarkan data dari DataReportal Januari 2023 sebanyak 212,9 juta orang sehingga tingkat penetrasi mencapai 77%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa market di Indonesia sangat besar sehingga harus dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk mengembangkan bisnisnya. Selain penjelasan diatas, mahasiswa yang membangun eksistensi di bidang online sejak kuliah tentu akan mendapatkan banyak manfaat yang akan dibahas di bawah ini.

 

Manfaat Membangun Eksistensi di Bidang Online Sejak Kuliah 

  1. Membangun personal branding
    Membangun personal branding di dunia online dapat membantu mahasiswa untuk membedakan diri mereka dalam kompetisi termasuk profil media sosial, konten web, atau blog dan komentar pribadi. Dengan memiliki personal branding yang kuat dan konsisten di seluruh platform, mahasiswa dapat meningkatkan profesionalisme dan meningkatkan kesan positif pada calon perekrut. 
  1. Memperluas relasi
    Mahasiswa dapat memperluas jaringan mereka dengan melakukan interaksi bersama orang-orang di dunia online. Misalnya dengan bergabung di kelompok diskusi online atau mengikuti webinar atau acara virtual, mahasiswa dapat terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat sama. Hal ini akan membantu mahasiswa dalam membangun koneksi yang berguna untuk karir mereka di masa depan.
  1. Menunjukkan keterampilan melalui proyek
    Media sosial dan platform seperti YouTube dan Instagram memungkinkan mahasiswa untuk menunjukkan keterampilan mereka melalui proyek terkait bidang atau minat mereka. Misalnya, mahasiswa yang tertarik pada desain grafis dapat membagikan karya desain mereka ke platform online, mahasiswa branding dapat memulai podcast dan memberikan pandangannya tentang berbagai topik terkait branding. Salah satu kisah sukses berasal dari Mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya yang bernama Clarissa Caroline Zhang atau biasa dipanggil Rissa. Awalnya tidak tertarik dengan make up sama sekali tetapi dengan memberanikan diri belajar make up yang diposting di media sosial dan hasilnya sekarang sudah menjadi beauty influencer dengan banyak klien.
  1. Membangun portofolio digital
    Mahasiswa juga dapat menggunakan platform online untuk membangun portofolio digital mereka. Portofolio online dapat mencakup karya tulis, video, grafis, atau proyek kreatif lainnya. Tidak hanya memungkinkan untuk memperlihatkan keterampilan dan bakat, meningkatkan eksistensi di platform online juga bisa mengarah pada pekerjaan yang lebih baik di masa depan bagi mahasiswa.
  2. Mencari pekerjaan online
    Berpartisipasi di forum online atau mendaftar ke situs pencari kerja online dapat membantu mahasiswa menemukan pekerjaan atau kesempatan kerja sampingan. Melalui eksistensi digital yang kuat, mahasiswa dapat membuat koneksi yang berguna dengan perusahaan atau merek yang mencari kandidat potensial.

Universitas Prasetiya Mulya selaku kampus bisnis terbaik tentunya mendorong semua mahasiswa untuk eksis di digital online agar bisa mendapatkan beragam manfaat diatas dan bermanfaat untuk masa depannya. Selain itu, kampus ini juga menyediakan program beasiswa kuliah swasta yang bisa dimanfaatkan semua orang. Dengan adanya beasiswa maka calon mahasiswa terpilih akan mendapatkan beasiswa selama kuliah hingga lulus menjadi sarjana. Penasaran dengan beasiswa S1 2023 ini? bisa cek di website resmi atau datang langsung ke kampus untuk informasi beasiswa lebih lanjut.