Memahami Etika dan Budaya dalam Dunia Kerja Sejak Dini

Universitas Prasetiya Mulya > Uncategorized @id > Memahami Etika dan Budaya dalam Dunia Kerja Sejak Dini
Pentingnya memahami konsep etika dan budaya Kerja sejak kuliah

Saat memulai perkuliahan tentunya setiap mahasiswa dihadapkan oleh 2 pilihan setelah lulus nanti. Kedua pilihan tersebut adalah bekerja di sebuah perusahaan atau memutuskan untuk membangun bisnis agar bisa membuka lapangan kerja. Dari kedua pilihan tersebut, tentunya akan lebih banyak yang memutuskan untuk berkarir di perusahaan. Ketika memutuskan untuk bekerja, maka setiap orang harus mengikuti aturan yang ada. Ada banyak aturan yang harus dipatuhi di dunia kerja termasuk harus memiliki etika yang baik dan juga bisa menghargai budaya yang ada di perusahaan. Makanya penting sekali untuk semua mahasiswa untuk bisa memahami etika dan budaya dalam dunia kerja sejak masih di kampus.

Mahasiswa perlu tahu bahwa etika dan budaya adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk di dunia kerja. Setiap orang yang memiliki etika tentunya akan bisa menghargai berbagai macam budaya kerja yang ada di perusahaan. Melihat pentingnya etika dan budaya untuk mahasiswa, berikut ini ada 3 alasan harus memahami keduanya sejak masih kuliah dan bisa menjadi rahasia sukses dalam berkarir.

Alasan Memahami Pentingnya Etika dan Budaya Untuk Mahasiswa

  1. Meningkatkan produktivitas
    Dengan menerapkan etika dan budaya maka akan berdampak langsung terhadap peningkatan produktivitas. Dalam sebuah perusahaan, produktivitas sangat dibutuhkan karena semakin besar produktivitas karyawan maka akan mampu mencapai target perusahaan. Tanpa adanya produktivitas maka sulit untuk bisa mencapai target dan akan kalah saing dengan perusahaan lainnya. Jadi bagi mahasiswa yang akan bekerja tentu harus bisa meningkatkan produktivitas perusahaan dengan menerapkan etika yang baik.
  1. Menumbuhkan rasa semangat
    Ketika setiap karyawan memiliki etika dan menghargai budaya maka akan saling menghormati satu sama lain dan secara langsung akan berdampak kepada tumbuhnya rasa semangat. Setiap karyawan yang memiliki semangat kerja tinggi tentunya akan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Setelah pekerjaan selesai dengan baik dan tepat waktu maka akan mampu meningkatkan produktivitas perusahaan.
  1. Meraih sukses lebih besar
    Bagi karyawan yang menerapkan etika dan budaya kerja dengan baik maka akan meraih kesuksesan yang lebih besar. Hal ini bisa didapatkan karena memberikan kontribusi nyata dalam pekerjaan dan juga menerapkan sikap positif dalam bekerja seperti disiplin, bertanggung jawab, menghormati semua karyawan, dan sikap lainnya yang diinginkan perusahaan.

Ketiga alasan diatas tentunya didukung oleh hasil riset yang dilakukan Zippo tahun 2023 menyatakan bahwa sebanyak 92% HR percaya bahwa kandidat yang mempunyai etika kerja baik akan berpeluang lebih besar untuk dipekerjakan. Bukan hanya itu, sebanyak 79% karyawan setuju bahwa penerapan etika di dunia kerja sangat penting untuk pertumbuhan karir. Dengan statistik tersebut tentunya harus membuat mahasiswa lebih memahami tentang etika dan budaya kerja sejak masih kuliah. Dengan memahami hal tersebut, maka akan mendapatkan berbagai manfaat yang akan dibahas berikut ini.

Manfaat Etika dan Budaya Kerja Sejak Masih Kuliah

  1. Membentuk profesional yang bertanggung jawab
    Selama belajar di kampus mahasiswa perlu mempelajari prinsip integritas, kejujuran, dan tanggung jawab sosial. Hal ini akan menciptakan calon pemimpin masa depan yang mampu mengatasi dilema etika yang kompleks dengan pertimbangan yang matang dan komitmen untuk selalu melakukan yang benar bahkan saat menghadapi situasi yang menantang di tempat kerja.
  1. Siap bekerja dengan pekerja lintas budaya
    Di dunia yang semakin global seperti sekarang ini, angkatan kerja menjadi lebih beragam dari sebelumnya. Mahasiswa perguruan tinggi harus dilengkapi dengan kompetensi lintas budaya agar dapat bekerja secara efektif dalam lingkungan multikultural. Dengan mengintegrasikan kesadaran budaya dalam kurikulum universitas, mahasiswa mengembangkan kemampuan untuk menghargai dan merangkul perbedaan sehingga dapat mengurangi kemungkinan kesalahpahaman dan konflik di tempat kerja.
    Apalagi sekarang Pemerintah menghadirkan program IISMA atau Indonesian International Student Mobility Awards yang merupakan beasiswa untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 untuk bisa belajar di universitas terkemuka yang ada di luar negeri. Salah satu kampus yang berhasil mengirimkan mahasiswa pada program ini hingga lulus adalah Universitas Prasetiya Mulya. Pencapaian ini tentunya menunjukkan komitmen kampus ini untuk mendukung dan menginspirasi para mahasiswa agar bisa bersaing di era global.
  1. Meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan
    Selama belajar di kampus, mahasiswa belajar untuk menganalisis situasi dari berbagai sudut pandang dan mempertimbangkan dampak dari pilihan mereka. Proses pengambilan keputusan yang didasarkan pada nilai-nilai moral memastikan bahwa mahasiswa dapat membuat keputusan yang baik berdasarkan etika, sehingga berperilaku etis sepanjang karir mereka.
  1. Membangun kepercayaan dan reputasi
    Dengan memahami etika, mahasiswa dapat memahami betapa pentingnya kepercayaan dalam konteks personal maupun organisasional. Dengan mengutamakan perilaku etis, mereka dapat membangun reputasi positif yang dapat meningkatkan kredibilitas dan membuka pintu lebih banyak peluang dalam karir. 
  1. Meyakinkan pemberi kerja
    Pemberi kerja saat ini secara aktif mencari kandidat yang tidak hanya memiliki keahlian teknis, tetapi juga integritas etika dan kesadaran budaya. Mahasiswa perguruan tinggi yang memahami etika dan budaya lebih mungkin memenuhi harapan ini dan menonjol di pasar kerja yang kompetitif. Perusahaan semakin menghargai karyawan yang dapat meneguhkan nilai-nilai organisasi dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang beragam dengan empati dan penghormatan.

Melihat pentingnya manfaat diatas tentunya setiap kampus termasuk Universitas Prasetiya Mulya menghadirkan banyak program untuk mahasiswa agar bisa belajar tentang etika dan budaya yang bermanfaat ketika sudah memasuki dunia kerja. Bagi yang ingin mulai kuliah tentu harus memilih kampus seperti Universitas Prasetiya Mulya yang sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk semua jurusan S1. Ada jurusan S1 bisnis, akuntansi, teknologi keuangan, ekonomi bisnis, branding, hospitaliti bisnis, keuangan & perbankan, dan event. Lalu berapa biaya kuliahnya? untuk info biaya S1 berbagai jurusan maka bisa langsung hubungi melalui email info@prasetiyamulya.ac.id.