Cerita Prasmul
(Sumber: http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/10/04/google-pertumbuhan- pengguna-internet-indonesia-tercepat-di-dunia)
Ekonomi Digital, Kesempatan dan Harapan Indonesia untuk Maju

Ekonomi Digital, Kesempatan dan Harapan Indonesia untuk Maju

Oleh Stephanie Regina

Juara II kompetisi Blog Competition Ceritaprasmul.com Kategori Mahasiswa

Ekonomi Digital didefinisikan sebagai area virtual dimana kita dapat melakukan bisnis, pertukaran nilai, transaksi, dan hubungan secara personal melalui internet sebagai media pertukarannya (Hartman, 2000). Dalam pelaksanaannya, ekonomi digitial dapat diterapkan ke dalam berbagai substansi bisnis, misalnya di bidang transportasi, telekomunikasi, perdagangan, dan jasa.

Sebagai seorang mahasiswi yang juga memiliki bisnis batik di dunia online, saya merasakan benar pengaruh berkembangnya ekonomi digital di Indonesia. Adanya ekonomi digital memungkinkan saya untuk melakukan ekspansi market dan kontrol yang lebih efektif pada produk-produk yang saya pasarkan. Pada akhirnya, pemanfaatan ekonomi digital memungkinkan saya untuk menekan biaya produksi dan meningkatkan sales sehingga dapat pula berkontribusi lebih untuk perkembangan ekonomi indonesia secara nasional.

Pengembangan ekonomi digital sendiri mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia. Diprediksikan akan menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, Pemerintah Indonesia berupaya untuk menciptakan 1.000 technopreneurs baru di Indonesia pada tahun 2020. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan valuasi bisnis Indonesia sebesar 10 miliar USD. Selain itu, pada tahun 2020, bisnis online Indonesia juga diprediksi akan meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto sebesar 22 persen.

Banyak yang menganggap bahwa berkembangnya ekonomi digital di Indonesia merupakan sebuah ancaman. Hal ini dikarenakan ekonomi digital dapat mematikan pedagang-pedagang kecil dan membuat produk dalam negeri sulit bersaing dengan produk berskala internasional. Namun, saya percaya bahwa ekonomi digital merupakan bukanlah sebuah ancaman, melainkan sebuah kesempatan dan harapan bagi bangsa Indonesia untuk maju dan semakin kompetitif di kancah internasional. Berikut merupakan beberapa alasannya.

Pertama, berkembangnya ekonomi digital di Indonesia tidak akan membuat produk Indonesia kalah bersaing dengan produk luar negeri. Sebaliknya, akan memicu peningkatan mutu dan kualitas produk lokal karena penyebaran informasi yang cepat. Dengan rata-rata pertumbuhan pengguna internet sampai 19% pertahun, pengguna internet di Indonesia akan mencapai lebih dari 215 juta orang sebelum tahun 2020. Artinya, hampir seluruh masyarakat Indonesia akan memiliki akses ke internet dan memiliki kesempatan untuk terjun ke dunia bisnis online. Bahkan dalam riset yang dilakukan oleh Temasek bersama Google, disebutkan bahwa bisnis online di Indonesia akan mencapai 81 miliar dollar AS sebelum tahun 2025.

Kedua, ekonomi digital mampu memenuhi peningkatan kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia kelas menengah yang bertumbuh sangat pesat di Indonesia. Pada tahun 2020, dipredisikan bahwa jumlah kelas menengah dan menengah keatas di Indonesia akan mencapai 134 juta jiwa, atau naik sekitar 20% dari tahun 2010. 4 Pertumbuhan kelas menengah ini membawa beberapa dampak besar pada perubahan perilaku konsumsi masyarakat Indonesia. Masyarakat akan memiliki kemampuan daya beli lebih besar disertai dengan peningkatan jumlah konsumsi. Tak ayal, Indonesia menjadi negara tujuan investasi luar negeri. Ekonomi digital memiliki dua peran penting untuk menjawab perubahan tersebut. Pertama, ekonomi digital dapat menghubungkan pelaku-pelaku bisnis di Indonesia dengan pelaku-pelaku bisnis di luar negeri sehingga menciptakan kesempatan kolaborasi yang lebih besar untuk memenuhi peningkatan kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia. Kedua, ekonomi digital mampu untuk meningkatkan kapasistas produksi perusahaan-perusahaan Indonesia karena adanya pertukaran informasi dan inovasi yang lebih cepat.

Ketiga, ekonomi digital memungkinkan terjadinya sharing economies atau ekonomi berbagi. Penggunaan internet sebagai salah satu komponen utama menjalankan bisnis mampu mendorong pelaksanaan ekonomi berbagi karena banyak kegiatan yang dilakukan melalui internet dan tidak lagi memerlukan aset tangible. Penerapannya dapat menekan berbagai biaya produksi, mulai dari penyewaan tempat sampai pada biaya pengolahan big data. Ekonomi berbagi memungkinkan para pelaku bisnis berbagi biaya procurement dan fokus kepada kegiatan yang menciptakan nilai tambah bagi konsumen. Hal ini menguntungkan konsumen karena mendapatkan produk yang lebih berkualitas dan juga menguntungkan produsen karena mampu melakukan efisiensi produksi.

Kesimpulannya, ekonomi digital merupakan kesempatan dan harapan bagi bangsa Indonesia untuk maju karena akan membantu meningkatkan mutu dan kualitas produk lokal, menjawab kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia, dan mendorong terjadinya ekonomi berbagi.

Data-data pendukung: 

(Sumber: http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/10/04/google-pertumbuhan- pengguna-internet-indonesia-tercepat-di-dunia)

Menurut Google, Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna internet tercepat di dunia, salah satu faktor pendukung adanya ekonomi digital di Indonesia.

foto stephanie regina 2

 

 

 

Pertumbuhan kelas menengah dan menengah keatas di Indonesia membutuhkan pemaksimalan kapasistas produksi yang dapat diraih melalui ekonomi digital.

 

(Sumber: http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/10/04/google-pertumbuhan- pengguna-internet-indonesia-tercepat-di-dunia)

(Sumber: http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/167-artikel-pajak/21014- penghasilan-kelas-menengah-naik-potensi-pajak)

 

Add comment

Translate »