Hari ini, mahasiswa semester empat S1 Marketing Universitas Prasetiya Mulya mendapatkan ilmu baru dari kuliah umum Digital Marketing yang dibawakan oleh Endra Ananto, E-commerce & Spareparts Marketing Research Head United Tractors.
Disini Bapak Endra menjelaskan berbagai hal dan strategi dalam melihat apakah digital marketing yang kita jalankan sudah optimal dan efektif. Untuk itu, digital marketing bisa dijalankan dengan Reputation Management, Content Engagement, Content Management dan Campaign. Menurutnya, selain menggunakan search engine, beriklan dan berpromosi serta membangun jaringan di media sosial masih penting. “Kita tidak bisa hanya optimasisasi iklan di google ad dan facebook, karena kita harus membangkitkan attachment dan engagement dengan market kita melalui sosial media” ujarnya.
Dan untuk membangun attachment dan engagement tersebut, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, diantaranya membuat kompetisi blogging, dan membangun komunitas. Dua hal tersebut dapat menjadi jubir web kita. Contoh Content Management yang sukses menurutnya adalah ‘Kaskus” karena disana dibiarkan orang lain yang mengisi webnya dan dia menjadi sukses karena hal tersebut.
Dan untuk melihat optimalnya web kita, kita dapat menggunakan Web Customer Behavior Analysis. Disinilah pentingnya kita terus beriklan, karena apabila kita konsisten beriklan maka customer akan tertarik ke produk lain yang konsisten beriklan.
Jadi gimana, sudah optimal belum digital marketing bisnismu?
(mtr)
Add comment