Di mata Prasmulyan, nama Business Communication dikenal sebagai matakuliah yang berkesinambungan. Secara berturut-turut sejak semester 1 hingga semester 7, mahasiswa akan selalu bertemu dengan matakuliah yang pengajarannya dilakukan dalam Bahasa Inggris ini. Menegaskan arti pentingnya skill Komunikasi Bisnis bagi mahasiswanya, Language Center (LC) Prasetiya Mulya menyelenggarakan Marketing Plan & TV Commercial Competition (MPTCC) dengan tema “Flaire Up Your English”.
Lewat kemasan kompetisi yang menantang, acara puncak MPTCC yang diwajibkan bagi Prasmulyan angkatan 2011 peserta matakuliah Business Communication 5 ini pun berlangsung dengan meriah di Auditorium William Soeryadjaya, Kampus Prasetiya Mulya BSD pada hari Selasa (10/12) pagi. Sebanyak 10 tim terbaik dari jurusan S1-Accounting, S1- Business, S1-Finance dan S1-Marketing yang telah lolos seleksi saling berhadapan pada babak final yang terbagi atas kategori Marketing Plan dan TV Commercial.
Finalis wajib mempresentasikan gagasannya di depan dewan juri yang terdiri dari : David Hannigan (ETC Consulting), Dr. Rudy Handoko (Ketua Program S1 Prasetiya Mulya), Dwi Sosronegoro, M.Psi (Ketua Language Center Prasetiya Mulya), dan Suherman Widjaya, M.Buss.Acc.Fin (Manager Program S1-Marketing Prasetiya Mulya). Selain melayani pertanyaan dan masukan dari juri , mereka juga harus mampu menjawab pertanyaan dari para penonton yang beberapa diantaranya menjadi kompetitor.
Layaknya presentasi di depan direksi perusahaan asing, setiap tim finalis memaparkan Marketing Plan yang mereka buat dalam bahasa Inggris untuk mengangkat brand yang telah ditentukan. Meskipun kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris diutamakan, marketing plan yang mereka buat bukanlah sekedar pelengkap saja. Para peserta tetap mampu menyampaikan sebuah Marketing Plan yang standar mulai dari objective, target market, budgeting, pricing, hingga promotion strategy, dll.
Tak kalah menariknya, dalam kategori TV Commercial finalis mampu menyajikan konsep iklan TV yang disertai dengan storyboards hingga contoh videonya. Bahkan ada salah satu tim yang mengemasnya dengan menghadirkan street performance bernuansa horror dengan permainan lighting yang redup. Kreativitas dan efektivitas memang menjadi salah satu kriteria penilaian oleh juri sehingga setiap tim berpacu untuk menghadirkan kemasan yang minimal mampu mengundang tepuk tangan dari penonton.
Melalui kegiatan ini, Language Center berharap setiap mahasiswa dapat mewujudkan secara real, kemampuan dan ketrampilan ( berkomunikasi) menggunakan bahasa Inggris secara aktif dan nyata serta mempraktekkan ketrampilan menulis, berbicara dan berpresentasi dalam ajang kompetisi.
Setelah melalui proses penjurian yang cukup ketat, diumumkanlah nama pemenang berdasarkan kategori dan pilihan terbanyak penonton (favorit).
Berikut daftar pemenang MPTCC 2013 :
Kategori Marketing Plan
1st Winner : Neutre
2nd Winner : Sephora
3rd Winner : Easy Go! Card
Kategori Storyboards / TV Commercial
1st Winner : e-Wall
2nd Winner : Sabo
3rd Winner : Share Education
Favorit Team :
Marketing Plan : Neutre
Storyboards : e-Wall
Add comment