Penerapan pendidikan kewirausahaan di tingkat sekolah menengah memiliki tantangan yang besar. Tuntutan untuk mensinergikan perbedaan antara metode pembelajaran serta bahan ajar kewirausahaan dengan mata pelajaran ekonomi ataupun akuntansi di sekolah menjadi tantangan utamanya.
Menurut Setiawan, langkah pertama yang dapat dilakukan guru SMA untuk mensinergikan bahan ajar kewirausahaan dengan mata pelajaran ekonomi adalah menentukan sasaran belajar wirausaha di sekolah.
“Apa sasarannya? untuk inovasi, kreativitas, inovasi atau apa? lihatlah warna sekolah yang ingin ditonjolkan misalnya integritas, religius, dll” papar Setiawan.
Selanjutnya, Setiawan menganjurkan kepada guru agar mengkombinasikan bahan ajar kewirausahaan dengan topik-topik mata pelajaran ekonomi yang mampu mengakomodasi warna tersebut. Praktik nyata yang bisa diambil guru, lanjut Setiawan, contohnya mengimplementasikannya dalam bentuk pameran.
Setiawan berharap, melalui workshop ini setiap guru akan memiliki modal bahan ajar berharga untuk kemudian dapat disampaikan kembali kepada siswa didiknya di sekolah masing-masing.
Add comment