STIE Prasetiya Mulya bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) bersama APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tajuk “Membangun Motivasi Ekspor UKM Indonesia Angkatan ke-2” pada Kamis, 27 Maret 2014 yang lalu.
Seminar ini bertujuan untuk memfasilitasi UKM di Indonesia agar memiliki motivasi dan semangat untuk menumbuhkan bisnisnya melalui kegiatan ekspor. Melalui seminar ini, para peserta UKM memperoleh sharing pengalaman dari para UKM pendahulu yang telah berhasil menembus pasar ekspor dengan produk masing-masing.
Sharing pengalaman ini dikemas dalam konteks-konteks topik menarik agar para UKM dapat lebih mudah memahami tujuan yang ingin disampaikan dalam seminar ini. Konteks topik yang akan dihadirkan antara lain mengenai manfaat-manfaat melakukan ekspor, jenis-jenis produk apa saja yang dapat diekspor, hingga hal-hal apa yang perlu dilakukan untuk memenuhi standar produk ekspor.
Berikut merupakan nama-nama praktisi UKM sekaligus yang menjadi pembicara dalam seminar ini:
Panel 1 : Manfaat Melakukan Ekspor
1) Anton Wijaya — Pemilik Es Teler 77 -> Sharing mengenai upaya Es Teler 77 membangun branding dengan membuka cabang di luar negeri
2) HM Irwan Suryanto — Pemilik Usaha Bola Triple S (ekspor bola sepak jahit ke seluruh dunia)
3) Nina Tursinah — Ketua APINDO Bidang Pemberdayaan UKM dan Perempuan -> Aturan-aturan ekspor yang berkaitan dengan kesetaraan gender dan hak anak.
4) Moderator oleh Bapak Handyanto Widjojo, MM
Panel 2 : Jenis-jenis Produk yang Dapat Diekspor
1) Trias Putri — Green Craft -> Sharing mengenai hasil kreasi belacu yang mampu menembus ekspor hingga Timur Tengah
2) Budi Mulyono — PT Kertosari Gemilang -> Sharing mengenai ekspor produk-produk hasil bumi seperti jahe, kunyit, dan buah-buahan.
3) Moderator oleh Bapak Dedy Purwanto, M.Sc
Panel 3 : Cara-cara Melakukan Ekspor
1) Hedi Rusdian — Fourspeed Metalwerks -> Anak muda 21 tahun pembuat aksesoris grup band rock yang produknya telah dipakai hampir sebagian band rock ternama dunia (Metallica, sepultura, dll)
2) Fachruddin Basalamah — Sarung Cap Mangga -> Mengekspor sarung Cap Mangga sebagai alternatif pasar lokal yang hanya bergerak pada saat musim lebaran saja.
3) Moderator oleh Bapak Henry Pribadi, Ph.D
Materi Seminar
Silakan mengunduh materi seminar di : http://s2.pmbs.ac.id/download/seminar
untuk mendapatkan Username dan Password, silakan hubungi :
Entrepreneurship Development Center Prasetiya Mulya
021 304 50 500 ext. 2517
Add comment