Prasetiya Mulya dikenal dengan learning process yang mengedepankan keseimbangan antara teori dan praktek. Setiap mahasiswa mempunyai kesempatan untuk berkembang secara knowledge dan softskills. Materi pembelajaran dikonsep sedemikian rupa untuk memacu kemampuan berpikir kritis dan kreatifitas mahasiswa. Menariknya, mereka juga ditantang untuk memperlihatkan prototipe hingga bisnis yang dirintis tersebut langsung ke pelaku industri dan masyarakat umum.
Salah satu kegiatan yang diadakan S1 Business Prasmul sebagai rangkaian proses pembelajaran dapat terlihat di event Creatifest. Pada tahun ini, Creatifest berlangsung di Lippo Mall Puri Jakarta pada tanggal 15 — 16 Juli 2017. Di tahun ketiganya, Creatifest mengambil tema “Carnavale: Time Full of Joy, Moments Full of Fun”.
Berbagai prototipe dan startup bisnis mahasiswa S1 Business dipamerkan secara professional dan terbuka untuk umum. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Creatifest diperuntukan bagi mahasiswa S1 Business Prasmul semester II dan semester IV. Pada tahun ini, mata kuliah Analytical & Creative Thinking menantang mahasiswa semester II untuk berpikir seinovatif mungkin dalam mengembangkan mainan dengan unsur edukatif, kreatif dan solutif. Mereka harus bisa mengembangkan produk mainan yang diharapkan dapat menggeser ketergantungan anak-anak terhadap game online.
Sementara seniornya yang menjalani mata kuliah Business Development, menampilkan bisnis yang mereka rintis sejak semester III dengan pengembangkan yang lebih mantap, matang dan memukau. Ini dia beberapa bisnisnya!
56 prototype games yang dipamerkan dalam Creatifest terbagi dalam beberapa kategori yaitu art and adventure, construction, strategy, roleplay dan trivia. Pameran ini cukup mengundang antusiasme dan tanggapan positif dari orang tua dan anak-anak yang datang berkunjung. “Ide games-nya bagus dan cukup berbeda ya dengan mainan yang sudah ada. Permainannya variatif, pemilihan warna display-nya juga lebih menarik. Anak-anak tidak hanya bermain tapi bisa belajar juga disini. Tertarik banget untuk beli mainan-mainan ini,” papar Ibu Elise, salah satu pengunjung yang datang.
Pada mata kuliah Business Development, pengunjung dapat berkeliling untuk menelisik beragam produk bisnis mahasiswa S1 Business semester IV. Bukan hanya dapat melihat, pengunjung juga dapat membeli produk bisnis yang tersaji seperti produk apparel and accessories, beauty and helath, creative, food and beverage.
Selain pameran bisnis, Creatifest juga mengundang pengusaha-pengusaha muda untuk berbagi pengalaman serta tips dan trik menjalani startup business. Beberapa diantaranya adalah Yasa Singgih (Owner and Founder of Men’s Republic), Yossi Permana (Co Founder of Voyej & Alumni S1 Business Prasmul), Sylvie Cendana (Cofounder Coastswimwear & Coasteyewear) dan Michael Nugroho (CEO Smith & Alumni S1Business Prasmul).
Konsep karnival dalam Creatifest juga membawa warna dan atmosfir yang menyenangkan. Layaknya taman bermain, event yang dinaungi S1 Business & Entrepreneur Development Centre Prasmul ini dilengkapi dengan atraksi hiburan layaknya live performance sulap, band, tari hingga beragam lomba. Tak heran jika lebih dari 12.000 pengunjung tertarik datang ke Creatifest.
Rangkaian event ini diharapkan dapat memberikan insight baru bagi masyarakat umum mengenai ragam ide seru permainan anak, yang tak serta merta harus terkoneksi dengan gadget serta internet. Sehingga, apa yang dilakukan mahasiswa Prasmul tidak hanya berdampak pada pengembangan diri sendiri, tetapi juga memberikan pengaruh yang baik bagi lingkungan dan masyarakat secara umum. (*FEM & *VIO)
Add comment